2012, DPR Jangan Lagi Kedodoran

Minggu, 01 Januari 2012 – 16:49 WIB

JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie mengajak semua partai politik yang punya wakil di Senayan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta menjadikan 2012 sebagai tahun kinerja terbaik.

Dia menduga, jika pada tahun-tahun lalu DPR kedodoran, mungkin karena perlu adaptasi. Dia menegaskan, DPR masih punya waktu 2,5 tahun lagi hingga pemilihan umum (pemilu)  2014.  Sedangkan 2013, kata dia, partai-partai sudah  memersiapkan diri untuk pemilu.

"Maka tinggal tahun 2012 yang tersisa untuk berkarya yang terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara," ujar Marzuki, Minggu (1/1) dinihari disela-sela perayaan malam pergantian tahun bersama wartawan, masyarakat dan fungsionaris Partai Demokrat, di kediaman pribadinya, di Jakarta.

"Cukup dua tahun saja kita (DPR) dicerca. Tahun 2012 ini semuanya harus lebih baik, agar rakyat tidak terlalu menyesal  telah memilih kita saat ini di DPR," tambah Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, itu.

Ia mengajak DPR meningkatkan kinerja seperti di bidang anggaran, agar lebih berpihak kepada rakyat. Di bidang pengawasan, Marzuki berharap agar lebih efektif. Serta di bidang legislasi agar bisa mencapai target-target legislasi minimal 80 persen. "Jangan lagi ada tudingan DPR malas, DPR tidak disiplin, tidak beretika dan sebagainya," imbuhnya.

Marzuki yakin setidaknya pada 2012, anggota DPR akan menjadi lebih rajin. Misalnya dalam menghadiri kegiatan-kegiatan di DPR. Menurut dia, paling tidak dengan kehadiran mesin absensi elektronik, anggota dewan tak  lagi bisa membolos seenaknya dan menitip absen. "Ke depan kita akan berikan absensi yang benar, sehingga fraksi juga dapat menindak anggota-anggota yang kerap membolos," ungkapnya. Marzuki juga berharap agar Badan Kehormatan (BK) DPR ke depan bisa lebih tegas.

Dalam kesempatan tersebut, Marzuki juga menyampaikan terima kasih kepada media yang menurutnya telah membantu tugas-tugasnya selama ini. Diakuinya, memang  sering menggunakan bahasa panas. "Ini karena karakter saya demikian, tidak bisa menutup-nutupi. Saya tidak ada urusan, yang benar saya sampaikan," tegasnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Nur Hidayat Sardini Daftar Calon Anggota KPU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler