2012, Penyelundupan Produk Malaysia Meningkat

Minggu, 30 Desember 2012 – 12:18 WIB
PONTIANAK--Kapolda Kalbar Brigjen Tugas Dwi Apriyanto menyebutkan  kasus  barang ilegal di Kalbar tahun ini meningkat tajam hingga 142 persen dibandingkan tahun lalu. "Untuk keseluruhannya, kasus barang ilegal yang ditangani Polda Kalbar, dari 162 kejadian tahun lalu, menjadi 393 kejadian selama 2012 ini," kata Tugas. 

Menurut dia, kasus terbanyak adalah penyelundupan BBM. "Naiknya sampai 2.400 persen dibanding pada  tahun 2011 lalu," ujar Tugas.

Bila pada  2011 hanya  tercatat 9 kasus BBM ilegal yang ditangani  Polda Kalbar, kata Tugas,  pada tahun 2012 ini  angkanya naik menjadi 132 kasus. "Peningkatan yang tinggi juga terlihat pada kasus gula ilegal dari Malaysia.  Pada tahun 2011 ada 40 kasus, tahun ini naik menjadi 139 kasus atau naik 247 persen," kata Tugas lagi.

Celakanya, dalam hal penyelundupan makanan ini, tak jarang berupa makanan yang masa kadaluwarsanya hampir habis. Atau, habis sama sekali.  Sebagaimana kerap ditemukan para petugas Dinas Kesehatan dan BPOM di lapangan.

Melihat maraknya kasus penyelundupan  selama ini Tugas dan jajarannya berjanji tak akan tinggal diam.  "Kita komitmen untuk memberantas itu semua. Jangan sampai yang mendapat izin resmi, malah kalah bersaing dengan yang memasukkan produk ilegal," ucapnya.

Salah satu usaha  untuk mencegah atau menekan tingginya penyelundupan barang dari negeri jiran ini pihaknya akan memperketat pengawasan di perbatasan.  "Akan kita ketatkan terus pengawasan di perbatasn RI-Malaysia. Hal ini guna mencegah peredaran masuknya barang-barang ilegal dari Malaysia," kata Tugas.

Sementara itu, di tengah maraknya aksi penyelundupan dari Malaysia tadi, aksi pembalakan liar hutan di Kalimantan Barat  yang ditangani pihaknya, Tugas menemukan penurunan. Bila pada 2011 lalu angkanya mencapai 85 kasus, tahun ini hanya 80 kasus yang berhasil ditangani Polda Kalbar."Yang naik malah penambangan liar. Dari  31 menjadi 42 kasus," kata Tugas. (her)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Miliki IMB, McDonalds Disegel Satpol PP

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler