2017, Angka Kecelakaan Pesawat Menurun

Jumat, 19 Januari 2018 – 16:06 WIB
Ilustrasi pesawat di bandara. Foto: Reza Mangantar/Manado Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Keselamatan penerbangan di Indonesia yang meningkat pesat berimbas pada menurunnya jumlah kecelakaan pada 2017.

Dari laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan bahwa selama 2017 jumlah kecelakaan penerbangan ada tujuh kasus.

BACA JUGA: INACA Tinjau Layanan AirNav Cabang Surabaya dan Makassar

Dari semua kasus tersebut, selama 2017 tidak terdapat korban penumpang meninggal, hanya ada 22 korban luka-luka karena cuaca buruk.

Jumlah kecelakaan dan korban meninggal dunia menurut KNKT menurun tajam dibanding 5 tahun kebelakang. Pada 2012, jumlah kecelakaan 13 kasus dengan korban 58 meninggal dunia.

BACA JUGA: Kemenhub Bakal Sering Lakukan Rampcheck di Bandara Papua

Kemudian pada 2013 ada 9 kasus dengan 2 korban meninggal, pada 2014 ada 8 kasus dengan 169 korban meninggal, pada 2015 ada 11 kasus dengan 65 korban jiwa, sedangkan 2016 ada 19 kasus dan 30 korban meninggal dunia.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyambut gembira hasil laporan KNKT tersebut.

BACA JUGA: AirNav-INACA Sinergi Tingkatkan Kualitas Layanan Navigasi

Menurutnya turunnya jumlah kecelakaan penerbangan tersebut merupakan imbas dari membaiknya implementasi keselamatan penerbangan nasional.

"Kami selaku regulator menyambut baik dan sangat bangga terkait capaian kinerja keselamatan penerbangan nasional selama 2017 lalu. Kami juga berterimakasih kepada para penyelenggara penerbangan atas kerja sama dan kerja kerasnya sehingga keselamatan penerbangan meningkat," tandas Agus.

Menurut Agus, laporan dari KNKT tersebut merupakan jawaban yang sangat sempurna dari hasil ICVM audit USOAP dari ICAO, di mana nilai efektif implementasi terkait keselamatan penerbangan Indonesia mencapai 81,15 persen, meningkat tajam dari audit tahun-tahun sebelumnya dan jauh di atas rata-rata dunia yang berada di angka 60 persen.

Di samping itu, Agus juga mengingatkan para penyelenggara penerbangan untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan capaian pada 2018, sehingga lebih baik dari 2017 lalu.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Periode Nataru, Penerbangan Tambahan Mencapai 74 persen


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler