2019, Target 4 Juta Wisatawan ke NTB

Senin, 31 Desember 2018 – 06:49 WIB
Pantai Senggigi. Foto: ZAINUDDIN/LOMBOK POST/JPNN

jpnn.com, MATARAM - Kendati sempat digoyang gempa dan tsunami, tahun depan target kunjungan wisata di NTB dipatok cukup tinggi, yaitu 4 juta wisatawan. Salah satu upayanya adalah mengadakan 18 event sepanjang tahun depan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, NTB kini memang masih dalam pemulihan. Untuk pemulihan sumber daya manusia (SDM), dilakukan program trauma healing. Dia berharap April nanti sudah pulih. ”Terkait destinasi, diharapkan pada Maret 2019 bisa selesai dan April sudah full recovery,” tuturnya.

BACA JUGA: Bangkit Pascagempa, NTB Tambah Rute Penerbangan LN ke Lombok

Dia menyadari, yang paling utama adalah normalisasi penerbangan. Saat ini pemerintah maupun operator penerbangan sedang membangun kembali kepercayaan tersebut.

”Siapa saja yang terbang ke Lombok, kita bantu dan beri insentif dan dipromosikan. Saya pastikan Lombok akan kembali dengan cepat,” katanya.

BACA JUGA: Manfaatkan Momentum High Season

Sabtu (29/12), Menpar bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah meluncurkan Calender of Event (CoE) 2019 NTB. Tema yang diusung adalah The Spirit of Lombok Sumbawa. Rencananya ada 18 event pada 2019. Empat diantaranya masuk dalam Top 100 CoE Nasional.

Empat event CoE 2019 Nasional adalah Pesona Bau Nyale, Festival Pesona Tambora, Festival Pesona Moyo, dan Pesona Khazanah Ramadan. Sedangkan event CoE Lombok 2018 lainnya adalah Lombok Sumbawa Great Sale, Rinjanin100, Tour De Lombok Mandalika, Festival Pesona Senggigi, dan Bulan Pesona Lombok Sumbawa.

BACA JUGA: Berharap Sektor Pariwisata NTB Segera Bangkit

Terkait posisi NTB sebagai salah satu destinasi halal terbaik dunia, Arief menargetkan 4 juta target wisatawan ke NTB tahun depan. Jumlah itu dibagi menjadi 2 juta untuk wisman dan 2 juta untuk wisnus.

Di sisi lain, Badan Nasional Panggulangan Bencana (BNPB) menghitung untuk rehabilitasi dan rekontruksi NTB dibutuhkan dana Rp 12 triliun. Menut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pemerintah pusat telah memetakan kebutuhan pemulihan pascagempa.

”BNPB akan memberikan bantuan stimulant perbaikan rumah sesuai kebutuhan yang ditetapkan Pemda. Pemulihan rumah akan selesai pada Maret 2019,” ucapnya. (lyn/oni)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunjungan Wisatawan ke Pesisir Selatan Turun 20 Persen


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler