243 Film dari 71 Negara Bakal Diputar di Festival Film Busan

Kamis, 08 September 2022 – 21:35 WIB
Pembukaan Festival Film Internasional Busan (BIFF) ke-26 di Busan, Korea Selatan, (06/10/2021). Foto: Antara/Yonhap

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 243 film dari 71 negara akan diputar dalam Festival Film Internasional Busan (BIFF) tahun ini.

Festival film terbesar di Asia ini akan diadakan di Busan, Korea Selatan, pada 5-14 Oktober 2022, mengutip lapran Yonhap yang disiarkan pada Rabu (7/9).

BACA JUGA: Keren, 3 Film Indonesia Masuk Seleksi BIFF 2021

Film-film yang masuk seleksi akan ditayangkan di 7 bioskop di Busan, termasuk Busan Cinema Center, tempat utama gelaran BIFF.

Penyelenggaran festival ini akan dilakukan dengan tanpa penerapan jarak sosial di semua rangkaian acara, termasuk upacara pembukaan dan penutupan.

BACA JUGA: Jawara Festival Film Cannes 2022 Segera Tayang di Indonesia

Semua rangkaian acara dan pemutaran film akan diadakan dengan kapasitas penuh dengan 100 persen tempat duduk tersedia seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19.

Pada tahun lalu, upacara pembukaan secara langsung diadakan dengan ketat sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19, sementara aturan kekosongan kursi juga tengah diberlakukan di semua bioskop dalam ruangan.

BACA JUGA: Hotman Paris Mengaku Enggak Bisa Tidur Gegara Ferdy Sambo

Film drama asal Iran, "Scent of Wind" karya Hadi Mohaghegh akan membuka ajang BIFF tahun ini. Film "A Man" karya sutradara Jepang Kei Ishikawa akan ditayangkan pada penutupan.

Dua film akan ditampilkan di Gala Presentation yang bergengsi antara lain "Nobody's Hero" oleh Alain Guiraudie dari Prancis dan "Scarlet" oleh Pietro Marcello dari Italia.

Sebanyak 20 film akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan "New Currents" tahun ini, termasuk tiga di antaranya "A Wild Roomer" karya sutradara Korea Lee Jeong-hong, "Shivamma" karya Jaishankar Aryar dari India, dan "Thousand and One Nights" karya Nao Kubota dari Jepang.

Sembilan serial drama akan ditampilkan di bagian "On Screen", program yang diluncurkan tahun lalu untuk memperkenalkan serial orisinal berkualitas yang diproduksi oleh platform streaming.

Serial drama tersebut termasuk "Yonder" karya sutradara Korea Lee Joon-ik, "Connect" karya pembuat film Jepang Takeshi Miike, dan miniseri "The Kingdom Exodus” karya Lars von Trier. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler