25 Bank Pro Pelaku UMKM

Selasa, 10 September 2024 – 09:59 WIB
Majalah Peluang kembali merating kinerja bank umum dalam menyalurkan kredit/pembiayaan UMKM. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Majalah Peluang kembali merating kinerja bank umum dalam menyalurkan kredit/pembiayaan UMKM.

Dari 105 bank umum yang beroperasi pada 2023, sebanyak 99 bank menyalurkan kredit UMKM.

BACA JUGA: Majalah Peluang Beri Penghargaan 100 Perempuan Menginspirasi Indonesia

Mengacu laporan publikasi bank umum tersebut, Majalah Peluang menetapkan sebanyak 25 bank berkinerja Sangat Prima dalam menyalurkan kredit UMKM.

“Sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian yang berkontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja. Untuk itu, kami mengapresiasi industri perbankan yang telah menyalurkan kredit UMKM dengan capaian Sangat Prima dalam ajang Best Bank Performance of MSMEs Loans 2024. Event ini merupakan ketiga kalinya kita selenggarakan,” ungkap Pemimpin Redaksi Majalah Peluang Irsyad Muchtar.

BACA JUGA: Lippo Berdayakan UMKM Lokal Lewat Asta Karya

Litbang Majalah Peluang dalam "Best Bank Performance of MSMEs Loans 2024" ini menggunakan rasio dan pertumbuhan sebagai kriteria utama penilaian.

Kriteria pertumbuhan digunakan untuk mengetahui kemampuan bank dalam meningkatkan kredit UMKM pada periode 2022-2023. Kriteria ini diberikan bobot sebesar 30 persen.

BACA JUGA: Anies Masih Punya Peluang Maju di Pilkada Jakarta, 4 Partai Ini Bisa Berkoalisi

Kriteria rasio menggunakan rasio kredit atau pembiayaan UMKM terhadap total kredit atau pembiayaan. Rasio optimal dari kriteria ini masih 20 persen atau lebih, dengan porsi bobot sebesar 45 persen.

Rasio non performing loan (NPL) atau non performing financing (NPF) UMKM digunakan untuk mengevaluasi kualitas kredit batas toleransi sebesar 5 persen. Pemberian bobot untuk kriteria rasio ini sebesar 20 persen.

Rasio Capital Adequacy Ratio (CAR), mengukur kemampuan suatu bank umum untuk menyerap risiko kredit atau pembiayaan pada NPL UMKM.

Rasio terbaik kriteria ini adalah sama atau 14 persen ke atas, dengan bobot penilaian 5 persen.

Dari hasil analisis data yang dilakukan, 25 bank berkinerja sangat prima dalam menyalurkan kredit/pembiayaan UMKM (Best Bank Performance of MSMEs Loans 2024). (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Spa Disulap Jadi Lokasi Prostitusi


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   Bank   Majalah Peluang   UKM  

Terpopuler