285 Peserta Magang Dikirim ke Luar Negeri

Selasa, 03 Juli 2012 – 18:50 WIB
Menakertrans Muhaimin Iskandar saat melepas peserta magang ke luar negeri, Selasa (3/7). Foto : Ukon Sukanda/Indopos/JPNN

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberangkatkan 285 orang peserta magang ke beberapa perusahaan di luar negeri. Yakni ke Jepang sebanyak 237 orang, Australia 12 orang, dan ke Singapura sebanyak 36 orang.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, program pemagangan di perusahaan-perusahaan di luar negeri ini merupakan langkah pemerintah untuk menyiapkan tenaga kerja yang matang dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Perusahaan-perusahaan luar negeri diprioritaskan untuk kejuruan di bidang industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan.

“Pemerintah siap memfasilitasi  lebih banyak peserta magang kerja di perusahaan-perusahaan di luar negeri terutama ke Jepang. Apalagi perusahaan-perusahaan Jepang telah bangkit dari krisis dan siap menerima peserta magang kembali,” ungkap Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Selasa (3/7).

Muhaimin menerangkan, program pemagangan ini juga menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah pengangguran.  Program pemagangan disebutnya bisa menjadi titik awal untuk membuka lapangan kerja baru melalui wirausaha mandiri.

“Pelaksanaan program pemagangan ke luar negeri  ini merupakan salah satu langkah konkrit pelaksanaan konsep link and match yaitu memastikan dunia pendidikan dan pelatihan agar selaras dengan kebutuhan dunia kerja, serta mempercepat  upaya pengurangan angka pengangguran, “ kata Muhaimin

Data Kemenakertrans menyebutkan sejak 1993 sampai dengan Mei 2012 tercatat sebanyak 36.481 orang alumni pemagangan luar negeri yang berhasil kembali ke tanah air. Sedangkan pada tahun 2012, Kemnakertrans menargetkan penempatan 2.500 orang peserta magang yang akan ditempatkan di sekitar 700 perusahaan dengan 60 jenis kejuruan. (cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Telaah Laporan Korupsi Impor Gula Mentah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler