3 Alasan yang Bikin Kejayaan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Telah Berakhir

Rabu, 16 Maret 2022 – 13:54 WIB
Bomber Manchester United Cristiano Ronaldo tampak meratapi kekalahan timnya melawan Atletico Madrid. Foto: Twitter/LigadeCampeones.

jpnn.com, JAKARTA - Dalam beberapa dekade ke belakang saat membicarakan sepak bola akan muncul dua sosok yang sangat mendominasi. Siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keduanya bak mesin gol mematikan yang sulit dihentikan pemain mana pun. Ronaldo per Rabu (16/3) telah mengemas 807 gol, sedangkan Messi punya koleksi 759 gol.

BACA JUGA: Terbongkar, Ini Siasat Jitu Diego Simeone yang Bikin Manchester United Bak Ayam Sayur

Mereka berdua cukup konsisten menjaga performa sejak berusia muda. Messi dan Ronaldo juga telah mengecap banyak kesuksesan di level klub maupun timnas.

Ronaldo diketahui memiliki lima trofi Ballon d'Or, sementara Messi dua gelar lebih banyak.

BACA JUGA: MU vs Atletico: Bak Peramal Jitu, Diego Simeone Buktikan Ocehannya Benar

Namun, era kejayaan Messi dan Ronaldo sepertinya sudah memasuki tahap akhir. Setidaknya ada sejumlah alasan yang mencerminkan dua megabintang itu mulai menunjukkan grafik menurun.

Lantas, apa saja itu? Berikuti Jpnn.com coba merangkum beberapa ulasannya.

BACA JUGA: Parade MotoGP di Jakarta Berlangsung Meriah, Fan Garis Keras Sambut Marc Marquez Cs

1. Gagal Mendongkrak Performa Tim

Ronaldo dan Messi sama-sama berganti klub di musim 2021/22. La Pulga -julukan Messi- meninggalkan Barcelona untuk pindah ke Paris Saint-Germain. Adapun Ronaldo hengkang dari Juventus menuju Manchester United.

Namun, performa dua megabintang ini masih jauh dari yang diharapkan.

Mereka gagal mendongkrak penampilan timnya masing-masing. Terkini, PSG dan MU baru saja tersingkir di 16 besar Liga Champions.

Messi dengan PSG terlihat belum begitu padu. Total, kapten Argentina ini baru mengemas tujuh gol dari 26 laga bersama klub asal Paris tersebut.

Ronaldo di sisi lain, seperti tidak menemukan support system yang tepat di Old Trafford. Alhasil, ketajamannya pun menurun. Kapten Portugal ini baru mencetak 18 gol dari 33 laga bersama Setan Merah.

2. Termakan Usia

Tak bisa dipungkiri, dua megabintang ini mulai tergerus usia. Ronaldo sudah berusia 37 tahun, sementara Messi 35 tahun. Kecepatan  dan determinasi keduanya tentu tidak sebugar ketika berada di usia emasnya.

3. Muncul Talenta Baru yang Lebih Muda

Legenda sepak bola Inggris yang saat ini berkarier sebagai pundit, Garry Neville, mengungkap Ronaldo dan Messi sudah tidak dalam performa terbaiknya.

Dalam kacamata Neville, pemain terbaik di dunia saat ini ialah Erling Haaland, Kylian Mbappe, Mohamed Salah, hingga Robert Lewandowski.

"Saat ini, untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun, apabila anda bertanya siapa pemain terbaik di dunia maka jawabannya bukan Messi atau Ronaldo," ungkap Neville dikutip dari Goal International.

"Mereka mungkin akan menjawab Erling Haaland, Kylian Mbappe, Mohamed Salah atau Robert Lewandowski," imbuhnya.(mcr15/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jadwal All England 2022 Hari Ini: Ada Derbi Indonesia, Greysia/Apriyani Unjuk Gigi


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler