3 Buah Manis Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

Sabtu, 09 Januari 2021 – 13:02 WIB
Ilustrasi Apel. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - JIKA Anda menderita diabetes tipe 2, kamu tahu betapa pentingnya memerhatikan konsumsi karbohidrat.

Saat Anda mengonsumsi karbohidrat, tubuh mengubahnya menjadi gula, yang secara langsung memengaruhi kadar gula darah Anda.

BACA JUGA: 4 Manfaat Kunyit Campur Madu, Bisa Turunkan Gula Darah

Karena buah cenderung kaya akan karbohidrat, terutama gula sederhana, glukosa dan fruktosa, apakah buah itu memiliki tempat dalam diet diabetes?

Jawabannya iya, buah adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi sekaligus memuaskan gigi manis Anda.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Belimbing Wuluh, Nomor 3 Obati Diabetes

Berikut ini beberapa buah manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Apel

BACA JUGA: 6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Apel disebut-sebut bisa membuat kadar gula darah menurun karena kandungan serat larut, quercetin, asam klorogenat, dan asam galat di dalamnya.

Mengutip dari laman yang sama menyebutkan sebuah studi dalam British Medical Journal di 2013 memaparkan data yang bisa bikin melongo.

Data itu menyebut lebih dari 187.000 orang menemukan asupan buah tertentu bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Salah satunya apel.

2. Alpukat

Buah ini sering dijadikan makanan untuk para pejuang diet. Di samping itu, alpukat juga bisa menjadi buah yang bisa menurunkan gula darah karena mengandung lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Untuk diketahui, banyak penelitian yang menunjukkan alpukat bisa membantu menghindari diri dari terserang sindrom metabolik seperti gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

3. Sitrus

Meski pun terasa manis, sebuah jurnal Diabetologia di 2011 menyebutkan buah sitrus bisa membantu kadar gula darah menurun.

Hal itu karena buah sitrus memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak memengaruhi gula darah seperti buah lainnya.

Beberapa buah yang masuk dalam buah sitrus yaitu jeruk dan anggur.

Dalam dua jenis buah sitrus tersebut terdapat kandungan naringenin dan polifinol yang kaya akan sifat antidiabetik. (genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
diabetes   apel   gula darah   Avocado  

Terpopuler