3 Kamera Mirroless Harga di Bawah Rp 6 Juta, Siapa Mau ?

Rabu, 15 Mei 2019 – 15:48 WIB
Kamera Nikon 1J5. Foto : Nikon

jpnn.com - TAK lengkap rasanya ketika lebaran Idul Fitri 1440 H nanti tanpa foto-foto bareng keluarga. Demi foto-foto keren tentu Anda harus memiliki kamera yang mumpuni.

Saat ini, di Indonesia sendiri berbagai kamera pun ditawarkan mulai dari DLSR hingga mirroless.

BACA JUGA: Panasonic Rilis Kamera Mirroles Lumix G95, Ini Harga dan Spesifikasinya

BACA JUGA : Canon EOS RP Hadir Permudah Pengguna Pemula Kamera Mirrorless

 

BACA JUGA: Canon EOS RP Hadir Permudah Pengguna Pemula Kamera Mirrorless

Kamera mirroless sedang menjamur. Di samping memiliki bobot yang ringan, mirroless mudah digunakan dan hasil jepretannya pun bagus.

Jika Anda ingin mencari kamera mirroless untuk moment lebaran nanti, JPNN.com telah merekomendasi 3 jenis dengan harga di bawah Rp 6 juta. : 

BACA JUGA: Kemampuan Zoom Lebih Jauh, 2 Kamera Baru Panasonic Sasar Para Traveler

Panasonic Lumix DC-GF9

Ini adalah kamera mirroless dengan desain yang mirip seperti rangefinder. Kamera ini memang tidak memiliki resolusi setinggi Canon, Sony, dan Fujifilm dalam rekomendasi yang ada di sini. Lumix GF9 hanya memiliki resolusi gambar 16 MP. Tetapi soal membidik gambar tidak kalah keren dibanding kamera lainnya.

BACA JUGA : Pemain Baru Mirrorless Asal Tiongkok Berbasis Android

Panasonic Lumix DC-GF9 dengan mount Micro Four Third yang dibanderol dengan harga Rp 5.499.000 ini menjanjikan performa pemotretan malam hari yang cukup andal.

Meski APS-C dan Four Third memiliki ukuran yang berbeda, tetapi secara keseluruhan tidak terlalu berpengaruh.

Venus Engine yang dimiliki mirrorless ini diklaim dapat membantu meningkatkan kelincahan sistem autofocus dan akurasinya. Lumix GF9 memberikan bermacam-macam aspect ratio pemotretan demi kreativitas pada hasil potret: 1:1, 4:3, dan 16:9.

Preset white balance yang ditawarkan oleh kamera yang berukuran 107 x 65 x 33 mm ini ada 5. Tetapi pengguna bisa menambahkan preset kustomisasi hingga 4 pengaturan white balance untuk pilihan pemotretan kondisi sumber penerangan.

BACA JUGA : Kamera Mirrorless Baru dari FujiFilm, Videonya Keren

Lumix GF9 dilengkapi hingga 49 titik fokus yang tersebar di seluruh frame. Sayangnya, kamera dengan layar LCD berukuran 3 inci ini tidak dilengkapi dengan hot shoe sehingga tidak memungkinkan dipasangi lampu flash eksternal.

Namun, kamu bisa mengandalkan lampu flash internal yang mampu menjangkau hingga jarak 4 meter pada ISO 100.

Sony Alpha A5000

Kamera Sony Alpha A5000 merupakan kamera Mirroless yang memiliki ukuran yang relatif kecil. Selain ukurannya kecil, bobot kamera ini juga ringan hanya 223 gram dengan baterau dan lensa kit 16-50mm dengan diafragma F/3 5-5.6.

Kemera ini dilengkapi dengan prosesor BIONZ X yang juga dipakai di Sony A7, sensor CMOS 20 MP Exmor APS HD.

Untuk kualitas video, A5000 mampu merelam dengan dua format yaki n AVCHD 1920x1080 di 30fbs dan MP4 1440x1080 30fbs.

Tak hanya itu, Sony A5000 yang ditawarkan dengan harga Rp 4.880.000 sudah terdapat koneksi WiFi dan NFC, sehingga Anda dengan mudah membagi hasil foto ke smartphone.

Nikon 1J5

Nikon 1 J5 merupakan kamera mirroless yang memiliki desain lebih ramping. Kamera itu juga menghadirkan peningkatan fitur yang cukup signifikan dibanding kamera sebelumnya.

Berkat sensor kamera CMOS BSI dengan sistem fokus Phase Detection Auto Focus (PDAF) membuatnya dapat menangkap fokus lebih cepat dibanding kamera Mirrorless standar lain dengan sistem fokus CDAF (Contrast Detect Auto Focus).

Kecepatan deteksi fokus sekelas DSLR kemudian digabung dengan kecepatan bidik beruntun hingga 20 Frame per detik pada resolusi maksimal. Nikon 1 J5 memiliki ukuran resolusi 20.8 Megapiksel atau lebih besar dibanding pendahulunya.

Selain itu, kamera Nikon 1 J5 diperkuat Processor Expeed 5A yang mendukung pemotretan kecepatan tinggi dan mampu mengurangi noise pada foto. Nikon J5 juga bisa menghasilkan sebuah foto natural, real tanpa harus melakukan editing tambahan, detail yang begitu jelas menjadikan Nikon membuat anda dapat mengexplore kemampuan dan tehnik.

Sama seperti kamera Mirroless lainnya, kamera yang dibanderol Rp 4.350.000 juga dilengkapi fitur NFC dan Wifi , di mana anda dapat mengirim hasil jepretan Nikon 1 J5 langsung ke smartphone. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fujifilm Resmi Dirilis X-T30, Intip Spesifikasi dan Harganya


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler