3 Lokasi Ini Disiapkan untuk Relokasi Pedagang Pasar Kembang Surabaya

Senin, 23 Agustus 2021 – 16:19 WIB
Sejumlah petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya tampak memadamkam api di Pasar Kembang Kota Surabaya yang terbakar pada Minggu (22/8/2021) sore. FOTO: ANTARA/HO-Tommy-PMK Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya berencana merelokasi sebagian pedagang yang terkena imbas kebakaran di Pasar Kembang, Kota Surabaya, ke tiga lokasi.

Humas PD Pasar Surya Zaini menyebut ketiga lokasi reokasi itu adalah Pasar Tambak Rejo, Kantor PD Pasar Surya, dan Pasar Babakan.

BACA JUGA: Pasar Kembang Surabaya Terbakar, Dedik Menyebut 70%

"Total ada sekitar 200-an pedagang di lantai dua yang akan direlokasi," kata Zaini di Surabaya, Senin (23/8).

Sementara untuk pedagang di lantai satu, sesuai hasil pengecekan tim laboratorium forensik (labfor), kondisinya dinyatakan masih bisa digunakan untuk berjualan.

BACA JUGA: Pendapat Hukum LBH Pelita Umat tentang Kelakuan Muhammad Kece

"Wacana relokasi untuk pedagang yang ada di lantai dua saja," ujar Zaini.

Mengenai jadwal pemindahan, PD Pasar Surya masih melakukan sosialisasi kepada para pedagang dengan harapan mereka mau direlokasi ke tempat yang sudah disediakan.

BACA JUGA: Berita Duka, Dokter Tommy Sunartomo Meninggal Akibat Covid-19

"Kami konsentrasi bagaimana perekonomian bisa berjalan. Mudah-mudahan bersedia, yang pasti kami siapkan tempatnya," tegas dia.

Terkait kerugian, Zaini masih belum mengetahui secara pasti karena pendataan masih dilakukan.

Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya M Taufiqurrahman mengatakan mayoritas pedagang di lantai dua adalah pejual grosir jajanan basah, konveksi, sepatu, baju, dan warung.

Diketahui, Pasar Kembang Surabaya masih ditutup sementara demi kepentingan penyelidikan tim Labfor Polda Jatim untuk mengetahui penyebab kebakaran.

"Untuk jangka pendeknya, para pedagang lantai satu minimal ambil barang dulu, untuk dijual atau diamankan supaya tidak basi, karena tidak ada listrik (padam,red)," kata Taufiqurrahman. (mcr12/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler