3 Manfaat Buah Naga yang Bikin Kaget, Nomor 2 Lega Banget

Kamis, 25 Agustus 2022 – 08:37 WIB
Buah Naga. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BUAH naga kini menjadi salah satu buah populer dan banyak dikonsumsi orang.

Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus buah naga, salad buah manis dan lainnya.

BACA JUGA: 9 Manfaat Buah Naga yang Tidak Terduga, Nomor 6 Luar Biasa

Menurut studi penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, buah naga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung jumlah kalium, magnesium, seng yang baik dan fosfor.

Buah ini juga memiliki kalsium, tembaga dan zat besi dalam jumlah yang lebih kecil.

BACA JUGA: 7 Bahaya Makan Buah Naga Berlebihan, Nomor 5 Tidak Terduga

Buah naga juga kaya akan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, flavonoid, karotenoid, betaksantin dan betacyanins.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 5 Penyakit Kronis Bakal Lenyap jika Kamu Rutin Makan Buah Naga

1. Meningkatkan imunitas

Kehadiran vitamin C dan flavonoid dalam buah naga bisa memperkuat sistem imun dan menghindarkan tubuh dari infeksi berbahaya.

Karena vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, maka manfaat buah naga bisa membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

2. Menurunkan risiko diabetes

Studi telah menunjukkan efek antidiabetes dari buah naga merah yang bisa dikaitkan dengan kandungan antioksidan dan serat makanan.

Sebuah studi yang diterbitkan di PLOS ONE melaporkan, buah naga bisa membantu meningkatkan kadar gula darah pada penderita pra-diabetes.

Namun, efek buah naga pada diabetes tipe 2 pada orang tidak konsisten dan diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.

3. Membantu pencernaan

Buah naga mengandung banyak serat yang membantu mengatur dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan refluks asam.

Menurut sebuah studi di Electronic Journal of Biotechnology, buah naga kaya akan prebiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Buah ini mengandung oligosakarida yang berfungsi sebagai prebiotik yang membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler