3 Pemda Menyiapkan Acara Penyambutan Jokowi Pulang Kampung Pasca-Lengser

Kamis, 17 Oktober 2024 – 15:51 WIB
Pjs Wali Kota Solo Dhoni Widianto saat diwawancarai di Balai Kota Solo, Kamis (17/10/2024). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com - SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menggelar rangkaian kegiatan penyambutan kepulangan Joko Widodo (Jokowi) setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden. Konsep penyambutan dirancang secara sederhana, tetapi meriah.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solo Dhoni Widianto mengungkapkan bahwa rangkaian acara penyambutan digelar untuk menghormati jasa Jokowi selama 10 tahun menjabat sebagai presiden RI.

BACA JUGA: Jokowi Berhentikan Heru Budi Sebagai Pj Gubernur Jakarta, Akan Digantikan Teguh Setyabudi

"Kami dari Pemkot Solo dalam rangka penghormatan beliau atas jasa-jasa sebagai Presiden RI selama 10 tahun, kami akan melakukan penyambutan secara sederhana," kata dia saat diwawancarai, Kamis (17/10).

Pihak Pemkot Solo akan menggunakan videotron yang ada di wilayahnya untuk menampilkan ucapan terima kasih.

BACA JUGA: Hadapi Krisis Pangan, Jokowi Resmikan Pusat Riset Genomik Pertanian

Rencananya ucapan terima kasish untuk Jokowi itu akan ditayangkan selama satu minggu dimulai pada hari Jum'at atau H-2 sebelum Jokowi resmi lengser.

"Ada beberapa yang perlu kita lakukan dengan pemasangan videotron dalam rangka ucapan terima kasih. Rapat terakhir mungkin hari Jumat. H-2 sampai 1 minggu ya, teapi itu situasional," beber dia.

BACA JUGA: Jokowi Teken Pengesahan UU Kementerian Negara, Ini Perubahannya

Selain itu, Pemkot Solo juga berencana menggelar acara sederhana di kediaman Jokowi di Sumber, Solo.

Dhoni mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu konfirmasi dari rencana tersebut.

"Nanti kalau sudah disetujui kami akan segera melakukan persiapan-persiapan untuk acara penyambutan," terangnya.

Dhoni menjelaskan kegiatan tersebut juga melibatkan wilayah-wilayah sekitar Kota Solo.

Koordinasi dengan Pemkab Karanganyar dan Boyolali juga sudah dilakukan.

"Pada saat beliau pulang langsung kita sambut. Ini juga meliputi tiga kabupaten, Boyolali, Karanganyar juga Kota Surakarta. Ada penyambutan begitu beliau sampai ke kediaman di Sumber," ungkapnya.

Dhoni menjelaskan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat keamanan, yakni TNI-POLRI guna mengamankan rute-rute yang akan dilewati Jokowi.

"Sudah kemarin dengan polisi, sudah dirapatkan dengan Danrem, termasuk dengan kabupaten/kota yang akan dilewati oleh beliau.

"Imbauan kepada masyaraakat. Ya akan kami buatkan edaran kepada masyarakat untuk menyambut beliau sepanjang rute beliau dari bandara ke kediaman Sumber," tutup dia. (mcr21/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Romensy Augustino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler