3 Persebaya vs Persib 4: Alfredo Dicaci dan Dilempari

Jumat, 27 Juli 2018 – 07:46 WIB
Angel Alfredo Vera (kanan), pelatih Persebaya yang memprotes wasit cadangan Ikhsan Prasetya ditenangkan oleh Chairul Basalamah, manajer Persebaya, saat melawan Persib , Kamis (26/7). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Persebaya Surabaya mengalami kekalahan saat menghadapi Persib Bandung dengan skor 3-4 dalam laga Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (26/7). Bonek kecewa berat.

Pelatih Persebaya Surabaya Angel Alfredo Vera sampai harus melindungi kepalanya tatkala berjalan menuju lorong ruang ganti. Tactician asal Argentina itu bukan hanya dicaci-maki, melainkan juga dilempari botol air mineral oleh penonton di tribun VIP.

BACA JUGA: Barito Putera Bakal Tambah Amunisi di Putaran Kedua

Ya, Persebaya mengalami kekalahan kedua di kandang setelah sebelumnya kalah oleh Barito Putera 1-2 (22/4). Juga, menjadi kekalahan kedua beruntun di Liga 1 setelah sebelumnya takluk oleh tuan rumah PSIS Semarang 0-1 (22/7).

Lebih dulu menekan dengan dua serangan yang berhasil dipatahkan tamunya, Persebaya malah kebobolan pada menit kelima melalui tandukan kapten Supardi Nasir. Meski kebobolan lebih dulu, Bonek masih bersabar dan memberikan dukungan. Begitu Supardi kembali menjebol gawang Miswar Saputra pada menit ke-22, Bonek mulai gerah.

BACA JUGA: Cetak Gol Perdana, Evans: Perasaan Saya Sangat Emosional

Yel-yel kekecawaan mulai digemakan. Semenit berselang setelah kebobolan gol kedua, tampak flare dinyalakan di tribun bagian utara. Flare menyala, Bonek bersorak. Alfredo mulai nampak tidak tenang. Dia terus berteriak dari tepi lapangan. Manajer Chairul ”Abud” Basalamah juga melakukan hal serupa.

Pada menit ke-35, kemarahan Bonek semakin memuncak. Teriakan ”AV out” menggema dari tribun utara dan diikuti penonton dari tribun lainnya. Tak berhenti di situ. Mereka kemudian berlanjut dengan teriakan ”Abud out.”

BACA JUGA: Liga 1 2018: Persib Bandung Juara Paruh Musim

Meski tertinggal dua gol, setelah jeda babak pertama belum ada pergantian pemain. Gaya bermain Persebaya pun tak berubah hingga kemudian kembali kebobolan oleh gol Ghozali Siregar (53'). Kebobolan yang membuat Bonek semakin muntab. Flare kembali dinyalakan di tribun utara dan selatan. Bahkan, sempat terjadi aksi pembakaran.

Tercatat, ada 16 titik api di tribun yang dipadati 50 ribu penonton. Rinciannya, ada empat titik api di tribun utara, adapun tribun selatan dan timur masing-masing memiliki enam titik api. Setelah itu, saking kesalnya, Bonek bahkan berbalik mendukung Persib dengan beragam chant.

Setelah tertinggal tiga gol, pergantian baru dilakukan dengan memasukkan Roberto Pugliara dan menarik Rendy Irwan (55'). Hasilnya, tokcer. Pugliara mengirim dua assist untuk gol Riky Kayame (57') dan Fandi Eko Utomo (64). Skor pun jadi 2-3 dan Bonek lebih tenang. Lalu, Ghozali kembali mencetak gol (81') sebelum diperkecil David da Silva (88').

”Saya lihat dia (Pugliara) kelelahan dalam dua laga terakhir. Makanya, saya pikir dia bisa main di babak kedua,” jelas Alfredo terkait keputusan mencadangkan Pugliara.

Setelah pertandingan bubar dengan kekalahan 3-4, teriakan pecat Alfredo dari tribun terdengar semakin nyaring. Bonek bahkan menolak menyanyikan Song for Pride yang selama ini jadi tradisi setelah pertandingan.

”Saya yang tanggung jawab atas tim ini. Saya masih punya kontrak (dengan Persebaya). Tapi, semua (penilaian kinerja) saya serahkan kepada manajer dan presiden. Ini sudah biasa dalam sepak bola. Kadang kami kalah, kadang menang,” tambah pelatih 45 tahun itu.

Di sisi lain, kemenangan atas Persebaya membawa Persib yang sempat labil di awal musim menjadi juara paro musim Liga 1. Mereka mengemas 29 poin dari 17 laga. ”Saya sangat bangga dengan para pemain. Apalagi ini bukan kemenangan mudah. Sekarang kami akan sejenak menikmati posisi ini,” kata pelatih asal Argentina itu. (gus/ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persebaya vs Persib: Sahabat Tetapi Saling Sikat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler