3 Pj Gubernur DOB Papua Dilantik, Willem Wandik: Pak Jokowi Terapkan Kesetaraan Gender

Jumat, 11 November 2022 – 18:08 WIB
Anggota Tim Kajian Pemekaran DOB Papua Willem Wandik. Foto: dokpri Wandik

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Tim Kajian Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Willem Wandik berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian atas pelantikan tiga Pj Gubernur DOB Papua, Jumat (11/11).

Ketiganya ialah Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, dan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk.

BACA JUGA: Paulus Waterpauw Tunjuk Dance Sangkek Jadi Plh Sekda Papua Barat

"Sebagai warga Papua, kami mengungkapkan bersyukur kepada Tuhan karena hari ini menjadi kenyataan sejarah baru di mana Bapak Presiden sebagai ayah, sebagai seorang ayah melihat Papua," kata Wandik di Kantor Kemendagri.

Wandik menyebut pelantikan tiga Pj Gubernur DOB Papua itu juga menjadi sejarah bagi Indonesia, sekaligus angin segar bagi kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

BACA JUGA: Pj Gubernur DKI Sebut WFH Saat Musim Hujan hanya Imbauan, Tidak Memaksa

"Saya mewakili warga Papua menyampaikan terima kasih kepada Negara Republik Indonesia memberikan tiga provinsi ini. Jadi, kami di Papua mendapatkan lima provinsi," ucap dia.

Bupati Puncak itu menyebut pelantikan tiga putra putri terbaik Papua menjadi Pj Gubernur DOB juga menjadi untuk melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik di masa mendatang.

BACA JUGA: Irwan Fecho Ungkap Potret Koalisi Perubahan yang Batal Deklarasi

Terlebih lagi, Presiden Jokowi memperhatikan kesetaraan gender dengan melantik dua putra dan seorang putri Papua menjadi penjabat gubernur.

"Saya bangga Pak Presiden tidak hanya melihat laki-laki, tetapi melihat perempuan juga. Ini makna yang luar biasa," tutur Wandik.

Selain itu, dia juga menilai perjuangkan Presiden Jokowi untuk Papua sudah lengkap dengan adanya pemekaran tiga provinsi baru tersebut.

"Dengan diresmikannya tiga provinsi baru ini, perjuangan Bapak Presiden Jokowi untuk infrastruktur, pemerataan ekonomi, pembukaan lapangan pekerjaan sudah lengkap di keseluruhan Indonesia," ujar dia.

Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Mendagri Tito Karnavian yang telah memberikan kepercayaan terhadapnya memimpin di daerahnya.

"Kami akan melaksanakan beberapa agenda nasional yang sangat mendasar, di antaranya persiapan pemilu 2024, bagaimana membangun infrastruktur seperti visi misi Bapak Presiden serta pendidikan, kesehatan," kata Ribka.

Hal yang tidak kalah penting yang segera dilakukan Ribka adalah menata birokrasi. "Karena infrastruktur pemerintahan juga belum siap. Tugas saya menyelesaikan itu," ucapnya.

Secara khusus, Ribka mengajak seluruh generasi muda, terutama perempuan Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas diri dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Saya harap perempuan di Indonesia, khusus di Papua terus meningkatkan kapasitasnya supaya bisa berkompetisi menyumbangkan sumber daya manusia (SDM) bagi nusa, bangsa, dan negara," kata Ribka. (fat/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler