3 Remaja Tega Bunuh Siswa SMK Al Fattah Singkut, Motifnya Bikin Bergeleng

Senin, 01 Agustus 2022 – 21:23 WIB
Wakapolres Sarolangun Kompol Sandy Mutaqin, saat memberi keterangan kasus pembunuhan siswa SMK Al Fattah Singkut, Senin (1/8/2022). Foto: Bambang/jambi-independent.co.id-jambi-independent.co.id

jpnn.com, SAROLANGUN - Tiga remaja di Sarolangun, Jambi yang masih berusia di bawah umur tega menghabisi nyawa temannya sendiri. Masalahnya hanya gara-gara persoalan utang piutang.

Keduanya berinisial AR, 17, dan DS, 17, dan satu orang lagi masih dalam pengejaran. Mereka tega menghabisi nyawa NA, 17, siswa SMK Al Fattah Singkut, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Berita Duka, Aiptu Janu Rahmad Santosa Meninggal Dunia

Informasi yang didapat, peristiwa ini terjadi pada 28 Juni 2022 lalu. DS sebelumnya punya utang pada NA sebesar Rp 150 ribu.

Merasa belum dibayar, NA pun selalu menagih ke DS. Kesal karena terus-terusan ditagih, DS pun menyusun rencana jahat.

BACA JUGA: Warga Aceh Disekap 3 Pria di Jambi, Motifnya Ternyata

Pada hari nahas itu, dia mengajak NA untuk bertemu di sebuah hutan, Desa Bukit Tigo, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun.

NA pun menyetujui janji bertemu itu. Rupanya begitu sampai di lokasi, dia malah dikeroyok oleh DS dan dua orang temannya.

BACA JUGA: Soal Kasus Kematian Brigadir J, Anam Soroti Kerja Timsus Bentukan Kapolri, Jleb Banget

Perkelahian tak imbang ini membuat NA kewalahan. Dia bahkan dipukul dengan kayu di kepala bagian belakangnya.

NA langsung roboh dan meninggal dunia. Ketiga pelaku pun berusaha menutupi perbuatannya. Mayat NA mereka letakkan di sungai yang tak jauh dari lokasi.

Kemudian mereka tutupi dengan tumpukan kayu, ditambah lagi dengan karung berisi pasir. Ketiganya pun kabur melarikan diri. Mayat NA ditemukan oleh warga.

Polisi yang mencium ada kejanggalan, langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan akhirnya berhasil menangkap dua dari tiga pelaku.

Waka Polres Sarolangun Kompol Sandy Mutaqin Pranayudha menuturkan penganiayan terhadap korban NA bermula dari persoalan utang piutang antara DS dan NA.

"Utang itu antara DS dan NA yang jumlahnya Rp 150 ribu, akhirnya terjadi penganiayaan terhadap korban sehingga menyebabkan kematian terhadap NA," kata Sandy dikutip dari Jambi Independent, Senin (1/8/2022).

Dia melanjutkan setelah melakukan penyelidikan terhadap beberapa saksi. Akhirnya pelaku pembunuhan anak dibawah umur tersebut terungkap.

"Setelah beberapa barang bukti kita temukan di TKP, dan handphone yang ditemukan pada salah satu pelaku. Akhirnya sejumlah pelaku berhasil kami amankan," ucapnya.

Ia menyebutkan pembunuhan terhadap korban dilakukan oleh pelaku di tempat ditemukannya mayat korban. Korban dianiaya dan dikeroyok oleh tiga orang temannya.

"Hasil autopsi terdapat luka lebam di bagian belakang kepala korban, pelaku sendiri merupakan teman main korban di luar sekolah," ujarnya.

Ia menambahkan, salah satu pelaku masih dalam pengejaran oleh tim Reskrim Polres Sarolangun. Untuk alamat dan indentitas pelaku telah diketahui, hanya menunggu proses penangkapannya.

"Untuk pelaku yang satunya masih TO, dalam waktu dekat ini akan kita ungkap. Saat ini masih dalam pengejaran oleh tim kita dan untuk indentitasnya sudah kita ketahui," ucapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat Pasal 304 KUHP sub pasal 338 lebih sub pasal 170 ayat (3) KUHP dan pasal 351 ayat (3) KUHP dan pasal 80 ayat (3), pasal 76 C undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dan pasal 35 ayat (3) KUHP.

Sebelumnya, warga Desa Bukit Tigo Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun, digegerkan dengan penemuan mayat di bawah tumpukan kayu, Rabu 6 Juli 2022, sekira pukul 10.30 WIB.

Mayat itu, ditemukan oleh warga setempat berada di bawah tumpukan kayu dan karung, dengan kondisi yang mengenaskan.

Kasat Reskrim Polres Sarolangun, AKP Rendie Rienaldy mengungkapkan, saat ini pihak kepolisian masih menunggu hasil otopsi dari pihak rumah sakit untuk mengetahui jenis kelamin dan identitas mayat.

"Dari hasil olah TKP di lapangan, kondisi mayat ditemukan terlentang dengan sebagian tubuh sudah tidak utuh dan berada di bawah tumpukan kayu dan karung pasir," ucapnya.

Dia melanjutkan, mayat tersebut ditemukan oleh warga sekitar, dan langsung menghubungi pihak desa dan dilanjutkan ke Polsek Singkut.

Ditanya soal ada indikasi korban pembunuhan atau tidak, pihak kepolisian belum bisa memastikan hal tersebut.

"Kita masih dalam penyelidikan oleh anggota, dan pengambilan keterangan dari saksi saksi," ujarnya.

BACA JUGA: Kasus Kematian Brigadir J Belum Tuntas, Saiful: Jangan-Jangan Ada Jenderal Polri Terlibat

Menurutnya, dengan adanya info orang hilang beberapa waktu lalu, yang terjadi di Kecamatan Singkut, pihak kepolisian masih belum bisa memastikan ada kaitannya antara orang hilang dengan penemuan mayat tersebut. (bam/JI)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler