3 Tantangan TNI di HUT ke-76 Versi Pak Sukamta

Selasa, 05 Oktober 2021 – 14:54 WIB
Alutsista TNI. ILUSTRASI. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyebut ada tiga tantangan besar yang perlu dihadapi TNI pada perayaan HUT ke-76 pada 5 Oktober 2021.

Pertama, kata Wakil Ketua Fraksi PKS, adanya ancaman keamanan regional dengan memanasnya situasi di Laut China Selatan (LCS).

BACA JUGA: 10 Pasangan Mesum sedang Bermesraan, Polisi Datang

Sebab, kata Sukamta, posisi Indonesia dekat dengan episentrum konflik LCS akan rawan menjadi area perang proxy dan adu pengaruh antar kekuatan besar seperti China dan Amerika.

Menurutnya, bukan tidak mungkin skala konflik di LCS bisa berkembang menjadi perang terbuka.

BACA JUGA: Napi Teroris Imam Mulyana Simpan Bom 35 Kg di Gunung Ciremai

"Jika ini terjadi, dampak secara ekonomi akan sangat berat bagi negara-negara di sekitarnya," ujar Sukamta melalui layanan pesan, Selasa (5/10).

Menurut dia, Indonesia sebaiknya mengembangkan kemampuan militer agar punya posisi lebih kuat dalam skala regional menyikapi konflik di LCS.

Selanjutnya, kata Sukamta, tantangan kedua yang dihadapi TNI mengantisipasi gerakan separatisme di Papua.

Selain itu, TNI juga perlu mengantisipasi gerakan ekstrimisme berbalut sentimen agama dan ancaman disintegrasi mengacu sentimen politik yang mengarah kepada pembelahan masyarakat.

"Peran Babinsa dalam melakukan edukasi bela negara di tengah masyarakat perlu lebih dikuatkan. Program-program seperti TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang menyasar kantong-kantong kemiskinan dan juga wilayah terluar dan tertinggal perlu diperluas," saran Sukamta.

Legislator Daerah Pemilihan DI Yogyakarta itu menuturkan tantangan lain yang dihadapi TNI ialah pesatnya perkembangan teknologi. Sebab, hal itu berpotensi memunculkan dimensi keamanan nasional makin meluas.

"Saat ini ancaman terhadap kedaulatan Indonesia tidak hanya berwujud kekuatan bersenjata, tetapi juga bisa berwujud Perang Siber," tutur dia. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
HUT TNI   TNI   Sukamta   Tantangan TNI  

Terpopuler