3 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama Liburan

Senin, 07 Januari 2019 – 22:54 WIB
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Liburan adalah waktu yang ditunggu banyak orang. Anda bisa sejenak meninggalkan rutinitas dan me-refresh diri. Namun, tak jarang liburan juga menjadi gerbang masuknya berbagai kebiasaan tidak sehat yang bisa membahayakan kesehatan Anda, seperti jantung.

Waktu tidur tidak teratur, makan sembarangan, tidak berolahraga adalah beberapa hal yang sering dilakukan saat sedang liburan yang bisa berdampak buruk bagi jantung. 

BACA JUGA: Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita pada Jantung

Untuk itu, tetap menjaga kebugaran dan kesehatan jantung selama Anda liburan adalah penting.

Menjaga kesehatan jantung selama liburan sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu membutuhkan beberapa keputusan dan pemilihan yang sederhana tapi bisa berdampak besar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA: 5 Kesalahan yang Dilakukan Pria pada Organ Jantung

1. Jaga pola makan

Salah satu aspek yang sering kali ‘kebobolan’ saat sedang berlibur adalah kebiasaan makan yang sehat. Saat berlibur, Anda cenderung ingin bebas dalam beraktivitas. Akibatnya, kontrol Anda terhadap makanan yang boleh masuk dan tidak agak melonggar, antara lain dalam memilih dan mengatur porsi makan.

BACA JUGA: Masih Muda Sudah Sakit Jantung, Ini Penyebabnya

Tak jarang, liburan jadi ajang untuk ‘mencurangi’ diet sehat yang mungkin selama ini telah dijalani. Sesekali menyantap makanan yang berlemak atau bersantan memang tak apa, tapi tetap jaga jumlahnya. Selain itu, jangan sampai kebiasaan ini terbawa terus hingga usai liburan hingga akhirnya menyebabkan gangguan jantung Anda.

2. Tetap berolahraga

Berolahraga sering kali menjadi hal terakhir yang dipikirkan saat sedang berlibur. Saat liburan adalah waktu untuk bersantai sehingga tak jarang orang meninggalkan kebiasaan olahraganya. Padahal, tetap aktif saat liburan penting agar kesehatan jantung tetap terjaga selama berlibur.

Anda dapat memilih jenis olahraga yang sesuai dengan tempat Anda berlibur, misalnya berenang, yoga, atau lari pagi. Anda dapat lakukan olahraga ini setidaknya setengah jam di pagi hari sebelum berangkat ke lokasi liburan.

3. Hindari stres

Berlibur terutama saat musim liburan kadang bisa menimbulkan lebih banyak stres. Padahal, Anda tentunya meniatkan liburan sebagai ajang relaksasi dan bersantai. Untuk itu, penting untuk melakukan manajemen stres selama liburan semaksimal mungkin.

Mulailah dengan memilih tujuan dan waktu liburan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Hindari memaksakan diri pergi berlibur ke tempat ramai di musim puncak liburan jika Anda ingin menghindari keramaian. Persiapkan juga liburan Anda dengan matang untuk menghindari kendala-kendala yang tidak perlu, misalnya ketidaklengkapan dokumen untuk bepergian.

Jangan mengesampingkan kesehatan Anda saat sedang pergi liburan, terutama kesehatan jantung. Meski melepas penat adalah tujuan utama berlibur, tetap perhatikan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat selama liburan agar kesehatan tubuh senantiasa terpelihara hingga saatnya kembali menjalani rutinitas nanti. Selain itu, yang penting adalah mengenali tubuh Anda. Jika tubuh sudah merasa lelah, mengantuk, dan pusing, beristirahatlah segera.(HNS/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspada, Makan Larut Malam Picu Penyakit Jantung


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler