3 Tokoh Ini Pantas Jadi Ketum PSSI, Salah Satunya Putra Bungsu Presiden Jokowi

Senin, 14 November 2022 – 06:35 WIB
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan mayoritas publik menginginkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan jajaran kepengurusannya mengundurkan diri pascatragedi Kanjuruhan, Malang.

Keinginan mayoritas publik berdasarkan survei IPI tersebut sejalan dengan rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Ketum PSSI Sebut Debut Ivar dan Justin di Timnas U-20 Indonesia Cukup Baik

"Jadi 60,2 persen setuju dengan rekomendasi TGIPF agar Ketua Umum PSSI dan seluruh jajarannya mengundurkan diri, yang tidak setuju hanya 18,3 persen," kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi dalam rilis hasil survei lembaganya, Minggu (13/11).

Dari hasil survei IPI juga diketahui mayoritas publik menginginkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggantikan Iwan Bule menjadi Ketua Umum PSSI.

BACA JUGA: KLB PSSI Dipercapat Jadi 16 Februari 2023, Sesuai Arahan FIFA

Selain Erick Thohir, ada sejumlah nama yang diinginkan publik untuk menempati posisi Ketua Umum PSSI.

“Tertinggi ada nama Menteri BUMN Erick Thohir,” ungkapnya.

BACA JUGA: PSSI Berharap Jordi dan Sandy Bisa Disumpah WNI Sebelum 20 November

Survei IPI dilakukan dalam rentang 30 Oktober sampai 5 November 2022, menempatkan 1.220 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dalam survei bertajuk sikap publik terhadap Tragedi Kanjuruhan dan Reformasi PSSI.

Burhanuddin menyebutkan masyarakat yang menginginkan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI mencapai 24,1 persen. Angka ini menempatkan Erick di posisi pertama.

Selain Erick, ada juga nama Najwa Shihab (10,3 persen). Kemudian putra bungsu Presiden Jokowi, yakni Kaesang Pangarep (5,7 persen).

Burhanuddin mengatakan, nama Erick, Najwa, dan juga Kaesang berada di posisi tiga besar dari tingginya keinginan publik terkait reformasi kepengurusan PSSI era Iwan Bule.

Kendati demikian, Burhanuddin melanjutkan, masih ada 5,3 persen publik yang menginginkan Iwan Bule tetap berada di posisi Ketua Umum PSSI.

Menyusul kemudian nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD 4,8 persen, Presiden Persebaya Surabaya Azrul Ananda 3 persen, juga Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti 2 persen.

“Erick Thohir memiliki elektabilitas paling tinggi dalam bursa Ketua Umum PSSI untuk menggantikan Iwan Bule,” tegasnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler