30 Tenda Jemaah Haji Roboh

Tim Kesehatan Tak Pedulikan Jamaah

Senin, 07 November 2011 – 08:57 WIB

JAKARTA--Ketua DPR RI, Marzuki Alie yang tengah menunaikan ibadah haji di tanah suci, Makkah, melaporkan masih belum membaiknya pelayanan haji kepada jamaah asal Indonesia.

"Saat ini tenda di depan dan samping tenda DKI roboh diterpa angin termasuk tenda makan(Total) Ada sekitar 30 tenda yang roboh termasuk tenda Palembang Pusri persis di samping kami  karena kami di paling depan sebelahan," kata Marzuki, dalam laporan yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (5/11).

"Sekarang situasi sedang sibuk nunggu membetulkan tenda-tenda yang  roboh dibantu polisi-polisi (setempat)," lanjut Marzuki Alie dari Arafah.

Kondisi tenda bagi jamaah menurut Marzuki, satu tenda diisi 12 orang

BACA JUGA: Kapolri Persilahkan KPK Memeriksa

Tidak ada AC
Yang ada bukan karpet, hanya kain untuk alas tikar

BACA JUGA: Tidak Ada Tanda Kontes, Hanya Ada Tumpukan Kardus

Itu pun tikarnya bawa sendiri
"Tenda tidak ada pembatas antara pria dan wanita," ungkap Marzuki .

Untuk kamar mandi, Marzuki menjelaskan, ada 12 untuk pria dan 12 untuk wanita

BACA JUGA: Banyak Bus Mogok, Transportasi dari Arafah ke Mudzalifah Kacau

Kalau pada saat antre, satu kamar mandi pria diantri empat orangSedangkan satu kamar mandi wanita diantre delapan hingga 10 orang"Air relatif lancar," katanya.

Marzuki juga mengungkapkan, antrean makanan dengan sistem prasmanan untuk satu kloter 450 orangAntrean, kata Ketua DPR, cukup panjangBahkan jamaah lanjut usia (lansia) tetap harus antre

"Harusnya dibagi pakai nasi kotak, jadi tidak perlu antre dan panas-panasan," kritik Marzuki.

Angkutan dari Makkah menuju Arafah, kata dia, sebagian ada yang harus berdiri."Dan ada bis yang tidak ber-AC karena AC-nya rusak," ungkapnyaMasalah kesehatan, dijelaskan dia, tim lebih banyak menunggu laporan yang sakitTidak ada pengecekan kesehatan berkala

"Ada satu jamaah lansia yang sakit dan sepertinyanya sudah tidak sanggup lagi untuk melanjutkan ibadahnya, panitia kesehatan dan panitia yan lain kurang perduli," lirih Marzuki prihatin(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Tak Pernah Niat Mendaftar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler