3.056 Perwira Transportasi Laut Resmi Dilantik, Gagah Sekali

Selasa, 25 Juli 2023 – 16:55 WIB
Sebanyak 3.056 perwira transportasi laut telah dilantik oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Djoko Sasono. Foto dok. STIP

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 3.056 perwira transportasi laut telah dilantik oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Djoko Sasono.

Para perwira yang dilantik terdiri dari Program Pelaut Peningkatan I, II, III, IV, V dan Program Pelaut Pembentukan III, IV serta Diploma III Politeknik Pelayaran Banten, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Balai Besar Pendidikan Penyegaran, dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta.

BACA JUGA: BP3IP Fokus Lahirkan SDM Transportasi Laut Berdaya Saing Global

Para perwira yang dilantik tersebut telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.01, 7.02, 7.03 dan 7.04 dengan sistem serta metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing.

Mengusung tema “Perwira Transportasi Laut yang Profesional, Inklusif dan Kolaboratif Mendukung Tata Kelola Transportasi Hijau Berkelanjutan” upacara pelantikan dan pelepasan hari ini sejalan dengan tema Hari Pelaut Sedunia 2023, yaitu “Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment” yang berarti “Kontribusi Pelaut dalam Menjaga Lingkungan Laut”. 

BACA JUGA: Syarat Terbaru Naik Transportasi Laut, Simak!

Djoko Sasono menyampaikan hal ini memberi pemahaman secara inklusif kepada masyarakat, khususnya sektor maritim untuk berkolaborasi membangun keselarasan langkah dalam mengawal isu-isu perubahan iklim. 

"Tema tersebut di atas merupakan bentuk dukungan terhadap 17 Target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati oleh negara negara PBB hingga 2030," kata Djoko Sasono saat pelantikan dan pelepasan perwira tranportasi laut di lapangan besar Politeknik Pelayaran Banten, Selasa (25/7).

BACA JUGA: Ada 2.046 Perwira Transportasi Kemenhub Dilantik Hari ini

Oleh karena itu, lanjutnya, pelaut memiliki kontribusi penting dalam menjaga keberlangsungan lingkungan laut dari berbagai pencemaran yang terjadi dari aktivitas kapal. 

Selain itu, pelaut juga memiliki peranan dalam distribusi barang-barang kebutuhan pokok penting, logistik, dan peralatan medis agar mampu menjangkau seluruh dunia. 

Djoko Sasono meminta agar para pelaut dapat memberikan pengabdian dan berkontribusi dalam membangun sektor transportasi laut.

 “Para perwira transportasi yang baru dilantik hari ini ingatlah dalam pengabdian membangun sektor transportasi laut di mana pun saudara berada teruslah berkontribusi untuk melindungi laut sebagai masa depan kita semua," ujarnya.

Hal yang tak kalah menarik dalam upacara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi ini adalah penyerahan rekor MURI oleh Museum Rekor Indonesia dengan raihan wisuda program vokasi terbanyak dari sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Kepala BPSDM Perhubungan menerima simbolis penyerahan piagam dan medali rekor MURI secara langsung.

Penampilan marching band Gempita Swara Bahari Politeknik Pelayaran Banten, pertunjukkan musik angklung serta barongsai juga menjadi atraksi yang  tak kalah menarik perhatian seluruh tamu yang hadir. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seperti ini Pesan Menhub pada Perwira Transportasi


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler