Amankan Nataru Riau, Irjen Iqbal: Kami Kerahkan 3.063 Personel Gabungan

Kamis, 22 Desember 2022 – 14:18 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyampaikan keterangan persnya seusai apel gelar pasukan. Foto: Rizki Ganda Marito/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Sebanyak 3.063 personel gabungan dikerahkan dalam Operasi Lilin Lancang Kuning 2022 di Riau.

Mereka bakal mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

BACA JUGA: Pemprov DKI Bersama TNI-Polri Bersiap Amankan Natal dan Tahun Baru

Personel gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, pemerintah daerah, instansi lainnya serta komponen masyarakat ini, siap mengamankan Natal dan Tahun Baru di Provinsi Riau.

Forkompimda Riau melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin dalam rangka mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di halaman Kantor Gubernur, Kamis (22/22).

BACA JUGA: Tol Tebing Tinggi-Indrapura Jadi Jalur Alternatif Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

“Dalam operasi ini kami kerahkan kekuatan sebanyak 3.063 personel gabungan,” kata Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal di halaman apel Kantor Gubernur Riau.

Ribuan personel itu akan ditempatkan di 56 pos yang disediakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Ada sebanyak 34 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan.

Irjen Iqbal mengatakan bahwa dalam operasi ini petugas mengedepankan upaya edukatif dan persuasif. 

"Karena operasi ini semangatnya operasi kemanusiaan namun dengan catatan, kami tetap waspada. Karena tetap ada potensi kerawanan,” lanjutnya.

Kerawanan yang harus diwaspadai itu adalah kerawanan keamanan, ketertiban, keselamatan, kelancaran lalu lintas, kemacetan, dan kerawanan kecelakaan maupun kerawanan gangguan keamanan.

“Gangguan keamanan yang kita antisipasi, baik kejahatan konvensional, maupun strata yang tertinggi ancaman terorisme. Kita lakukan upaya baik preemtif, preventif, sampai kita lakukan penegakan hukum," imbuh mantan Kadiv Humas Polri ini.

Irjen Iqbal memaparkan sebelumnya, Polda Riau telah melaksanakan Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat).

Operasi ini bertujuan untuk menciptakan kondusivitas di tengah masyarakat.

"Operasi Pekat ini kamk memastikan upaya preemtif dan preventive strike, agar pelaku kriminal dapat kita mitigasi. Syukur-syukur zero,” ucapnya.

Irjen Iqbal memberi contoh seperti preman-preman sudah dijaring, pembawa sajam, pembawa narkoba semuanya diantisipasi.

“Kami sudah merazia seluruh tempat hiburan secara masif. Kami ingin sampaikan pesan, jangan coba-coba merayakan malam pergantian tahun apalagi momentum ibadah dengan penyalahgunaan narkoba," paparnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan penertiban terhadap pengendara pengguna knalpot brong, aksi kebut-kebutan, dan geng motor.

Eks Kapolda NTB ini menjelaskan aparat juga membangun sinergi dan kolaborasi baik dengan pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, instansi terkait, dan sebagainya. Pihaknya ingin memaksimalkan upaya pengamanan.

"Contoh pengamanan gereja. Bersama pemuda-pemuda gereja kita sudah duduk bareng. Jadi nanti saat misa Natal, mereka berdiri mengenali dan mengidentifikasi jamaatnya. Polisi tinggal back up, TNI tinggal back up," urainya.

Irjen Iqbal menambahkan meski telah melakukan persiapan pengamanan dengan begitu matang, petugas tidak boleh under estimate.

"Pada harinya, kami lakukan penjagaan. Kami show off force (menunjukkan kekuatan, red). Bahwa jangan main-main di wilayah hukum Polda Riau. Di wilayah hukum Korem 031 Wira Bima, di wilayah Pemprov Riau, jangan coba melakukan aksi kejahatan,” jelasnya.

Jika masih kedapatan, Polda Riau dan jajaran tidak akan segan segan menindak tegas para Pekaku.

“Kami akan jaga masyarakat yang ingin ibadah natal agar khusyuk dan juga merayakan malam tahun baru," beber Irjen Iqbal.

Kapolda Riau juga mengimbau kepada masyarakat agar merayakan malam pergantian tahun dengan kegiatan positif.

"Seperti berkontemplasi di rumah, di lingkungan masing-masing, di tempat ibadah. Agar lebih baik ke depan. Jangan kebut-kebutan, jangan minum-minuman keras, jangan pakai narkoba. Kalau sempat terjadi, nanti berhadapan dengan aparat penegak hukum," pungkas Irjen Iqbal (mcr36/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Natal   Polri   Riau   Tahun Baru   Irjen Iqbal  

Terpopuler