33 Fakta Menjelang El Clasico Real Madrid Vs Barcelona, Nomor 21 Bisa Bikin Panas

Minggu, 11 April 2021 – 01:00 WIB
Ilustrasi El Clasico. Foto: diambil dari Marca

jpnn.com, MADRID - Estadio Alfredo Di Stefano bakal menjadi rumah buat duel El Clasico, Real Madrid vs Barcelona, Minggu (11/4) mulai pukul 02.00 WIB.

Markas latihan milik Real Madrid yang digunakan untuk laga resmi selama Santiago Bernabeu direnovasi itu, akan menghadirkan pertarungan penting, bukan saja buat Real dan Barcelona, tetapi juga untuk Atletico Madrid.

BACA JUGA: Mendadak Wasit untuk El Clasico Diganti, Alamat Buruk buat Messi

Andai El Clasico edisi kedua di La Liga musim ini berakhir imbang, Atletico bakal bernapas sedikit lebih lega.

Di klasemen, Atletico Madrid mengoleksi 66 poin, Barcelona 65, Real Madrid 63. Ketiganya sudah melakoni 29 pertandingan.

BACA JUGA: Prediksi dan Skuad Real Madrid Vs Barcelona

Pada pekan ke-30 ini, Atletico Madrid baru merumput Senin (12/4) dini hari di kandang Real Betis.

Nah, menjelang El Clasiso beberapa saat lagi, Marca menghadirkan sejumlah fakta seputar kedua klub dan pertandingan nanti. (mc/jpnn)

BACA JUGA: Tepuk Tangan! Liverpool Raih Kemenangan Pertama Kandang 2021

33 Fakta Menjelang El Clasico

1. Real Madrid memiliki keunggulan historis dengan mengantongi 74 kemenangan dari 181 pertandingan di liga melawan Barcelona. Barca menang 72. Ada 35 kali seri.

2. Real Madrid memenangi dua pertandingan terakhir mereka melawan Barcelona, ??tetapi belum pernah menang tiga kali berturut-turut sejak 1978.

3. Jika Real Madrid menang, ini akan menjadi pertama kalinya mereka memenangi kedua pertandingan di La Liga Santander melawan Barcelona dalam satu musim, sejak 2007/08.

4. Duel nanti merupakan El Clasico pertama yang diselenggarakan di Estadio Alfredo Di Stefano.

5. Lionel Messi mengoleksi lebih banyak gol di El Clasico daripada pemain lain dengan 26 gol, diikuti oleh Alfredo Di Stefano dan Cristiano Ronaldo dengan 18 gol.

6. Zinedine Zidane mencetak rata-rata 2,24 poin per pertandingan sebagai bos Real Madrid, dibandingkan dengan 1,5 poin per pertandingan di Barcelona oleh Ronald Koeman.

7. Jika Koeman gagal memberikan Barca kemenangan dalam laga nanti, dia akan menjadi manajer Blaugrana pertama sejak Joaquim Rife pada 1980 yang kalah dalam dua pertandingan La Liga Santander pertamanya dengan Real Madrid.

8. Musim ini, Real Madrid mencetak gol terbanyak antara menit 76 dan 90, sedangkan tim Catalan mencetak gol terbanyak antara menit ke-31 dan 45.

9. Los Blancos kebobolan gol terbanyak antara menit ke-46 dan ke-60 dan Barcelona antara menit ke-61 dan ke-75.

10. Sebanyak 51 gol Real Madrid di liga sementara ini, berasal dari 13 sundulan, sepuluh tendangan kaki kiri dan 25 dengan kaki kanan. Sementara Barcelona telah mencetak 68 gol: cuma lima sundulan, 42 dengan kaki kiri dan 17 dengan kaki kanan.

11. Gol-gol Real Madrid itu termasuk 42 di dalam kotak penalti, tujuh di luar dan dua penalti, sementara Barcelona telah mencetak 55 kali dari dalam kotak, delapan dari luar, dua tendangan bebas dan dua penalti.

12. Real Madrid telah menghadapi lebih banyak tembakan musim ini daripada Barcelona, ??tetapi lebih sedikit yang tepat sasaran: 268 (91 tepat sasaran) hingga 238 (98).

13. Barcelona adalah tim dengan hitungan penembak paling mematikan di La Liga musim ini, dengan 19,3 persen tembakan mereka membobol gawang, sementara Real Madrid berada di peringkat kedelapan dengan 16,6 persen.

14. Gol pertama adalah kuncinya: Barcelona telah memenangi 94 persen pertandingan La Liga musim ini ketika mereka mencetak gol pertama, sementara Real Madrid memenangi 84 persen pertandingan mereka setelah memimpin.

15. Ini adalah kali kelima Barcelona dan Real Madrid berhadapan di matchday 30 dengan kurang dari tiga poin yang memisahkan mereka. Dua kali terakhir ini terjadi, mereka bermain imbang (2002 dan 2003).

16. Messi belum pernah menaklukkan Thibaut Courtois sejak kiper asal Belgia itu bergabung dengan Real Madrid, dan dia akan berusaha menjadikannya sebagai korban El Clasico keempatnya setelah mencetak gol melewati Iker Casillas (17 kali), Keylor Navas (lima) dan Diego Lopez (empat).

17. Antoine Griezmann telah mencetak gol dalam tiga dari lima pertandingan liga tandang terakhirnya melawan Real Madrid, tetapi dia belum mencetak gol melawan Los Blancos sebagai pemain Barcelona.

18. Karim Benzema telah mencetak setidaknya satu gol dalam enam pertandingan terakhir La Liga dan bisa menjadi pemain Real Madrid keempat yang mencetak gol dalam tujuh pertandingan liga berturut-turut di abad ke-21, setelah Ruud van Nistelrooy (2007), Cristiano Ronaldo (pada empat kesempatan) dan Gareth Bale (2018).

19. Toni Kroos dan Messi adalah kekuatan kreatif untuk tim mereka, masing-masing menciptakan 62 dan 63 peluang, dengan masing-masing mencatat delapan assist.

20. Marc-Andre ter Stegen dan Courtois adalah yang ketiga dan
keempat dalam hal persentase penyelamatan musim ini, dengan masing-masing 76,6 persen dan 74,2 persen.

21. Jesus Gil Manzano, wasit El Clasico nanti, rata-rata mencetak 4,38 kartu per pertandingan musim ini dan berada di urutan kedua terbanyak dalam hal memberi pelanggaran dan penalti.

22. Los Blancos lebih berbahaya dalam urusan tendangan sudut, mencetak enam gol dari sana di La Liga musim ini, sementara Barcelona telah mencetak tiga gol.

23. Barcelona berbagi beban mencetak gol lebih baik daripada tim mana pun di lima liga top Eropa, dengan 18 pencetak gol berbeda di La Liga musim ini, rekor klub bersama di abad ke-21, sama dengan musim lalu.

24. Messi mungkin pencetak gol terbanyak El Clasico sepanjang masa, tetapi dia belum pernah mencetak gol dalam enam pertandingan terakhirnya melawan Real Madrid dan tidak pernah mencapai tujuh El Clasico tanpa gol.

25. Zinedine Zidane bisa menyalip Jose Mourinho soal kemenangan di El Clasico, karena keduanya memiliki lima kemenangan. Hanya Miguel Munoz (16), Francisco Bru (enam) dan Luis Molowny (enam) yang memiliki lebih banyak.

26. Barcelona telah memenangi lima dari tujuh pertandingan tandang terakhir mereka di Real Madrid di semua kompetisi, tetapi mereka kalah pada kunjungan terakhir mereka dan tidak pernah kalah dua kali berturut-turut sejak 2008, ketika Frank Rijkaard menjadi pelatih kepala.

27. Pertama kalinya buat Sergio Ramos absen membela Real Madrid saat meladeni Barcelona di La Liga, setelah bermain dalam 31 pertandingan.

28. Comeback jarang terjadi: Real Madrid memenangi sepuluh dari sebelas pertandingan kandang saat unggul lebih dahulu. Sementara Barcelona memenangi sepuluh pertandingan tandang di mana mereka memimpin.

29. Casemiro memimpin Real Madrid dalam urusan tekel yang dibuat, tembakan yang diblok, intersep, termasuk pelanggaran dan kartu kuning.

30. ??Messi memimpin Barcelona dalam urusan gol, tembakan tepat sasaran, tembakan tidak tepat sasaran, assist, operan di lini tengah lawan, umpan silang, dribel dan menjadi korban pelanggaran.

31. Courtois telah menyelamatkan lima tembakan Messi ke gawangnya dalam pertandingan La Liga sejak dia bergabung dengan Real Madrid.

32. Riqui Puig (1,69m) dan Luka Modric (1,72m) adalah pemain terpendek yang bisa tampil di El Clasico nanti.

33. Gerard Pique (1,94m) dan Eder Militao (1,86m), adalah yang tertinggi.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler