350 Pesepeda dari Aceh Sampai Papua Siap Taklukkan Monster Climb Indonesia

Sabtu, 29 Juli 2023 – 03:25 WIB
Acara konferensi pers EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 yang dihadiri pendiri Mainsepeda, Azrul Ananda (tengah). Foto: Dokumentasi EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023

jpnn.com - Event balap sepeda bertajuk EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 resmi digelar.

Ajang tersebut merupakan kolaborasi antara Mainsepeda dengan Pemkab Banyuwangi yang diikuti sekitar 350 peserta dari Aceh hingga Papua.

BACA JUGA: Federasi Balap Sepeda Dunia Angkat Topi Buat UCI Track Nations Cup 2023 di Rawamangun

Pendiri Mainsepeda, Azrul Ananda mengungkapkan bahwa Banyuwangi memiliki kontur pegunungan yang membuat pembalap dapat unjuk kebolehan terutama di tanjakan.

Tercatat, dari total jarak 73,5 km, para peserta mengarungi sekitar 27 km rintangan jalan menanjak.

BACA JUGA: Idemitsu FIM ARRC 2023 Bakal Diikuti 90 Peserta, Indonesia Kirim 19 Pembalap Muda

“Banyuwangi memang kota dengan rute sepeda yang lengkap. Apalagi gunungnya, ada tanjakan yang disebut dengan monster climb Indonesia,” ungkap Azrul dalam keterangan resmi.

Tidak heran, melihat rute yang akan dilewati, peserta EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 punya kesan tersendiri.

BACA JUGA: Tour of Kemala Belitong 2022 Bangkitkan Semangat UMKM Lokal Dengan Balap Sepeda

“Akan ada ketakjuban. Omelan, tangis, tawa, dan doa. Nantinya ada video akan menjadi tontonan paling epik,” tambah Azrul.

Event EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 mendapat dukungan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Abdul Aziz.

Pihaknya mengungkapkan bahwa ajang tersebut menjadi sports tourism.

“Kami berharap event ini bisa menghadirkan efek ke dalam banyak hal, seperti transportasi, wisata, dan kuliner,” ungkap Aziz.

EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 merupakan bagian dari Trilogi Jatim. Seperti namanya, Trilogi Jatim adalah gabungan dari tiga event sepeda menanjak yang disiapkan Mainsepeda.

Ada tiga event sepeda menanjak di tahun ini, yang diawali dengan ajang Antangin Bromo KOM Challenge 2023 (digelar 27 Mei). 

Setelah itu, dilanjutkan EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 (29 Juli). Adapun terakhir ditutup dengan event Kediri Dholo KOM Challenge 2023 (24 September).

Tercatat, sudah dua kali Trilogi Jatim digelar sejak 2022 silam.(mainsepeda/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler