jpnn.com, JAKARTA - Event G2 Arena E-Sport Tournament 2024 secara resmi dibuka hari ini, Rabu (26/6). Event ini diikuti oleh 37 tim Mobile Legends serta 49 pemain bertanding pada gim Tekken 8.
Selain turnamen e-sport, event ini menghadirkan exhibition toys dan creators booth yang akan berlangsung selama 26 - 30 Juni 2024, di Lotte Mall Jakarta.
BACA JUGA: G2 Arena e-Sport Tournament 2024 Segera Digelar, Catat Tanggalnya
Technical Broadcaster Manager BMD Event Organizer, Mario mengatakan event ini merupakan hasil kolaborasi antara DigiKagi dan BMD Event Organizer sebagai penyelenggara.
Lotte Mall Jakarta sebagai venue partner, serta PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) sebagai promotor event. Event ini didukung langsung oleh Moonton, pengembang gim Mobile Legend, serta komunitasnya Moonton Student Leader dan Community Hero.
BACA JUGA: Menpora Dito Apresiasi Kontribusi LPDUK Mengembangkan Ekosistem E-Sports
"Universal Pin (UniPin) juga telah menyiapkan berbagai kegiatan menarik berhadiah khusus bagi para pengunjung," kata Mario dalam konferensi pers, Rabu (26/6).
Untuk memeriahkan event tersebut, G2 Arena turut menggandeng berbagai komunitas seperti Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI), StandupIndo Jakarta Selatan, Advanced Guard, Jakmania Esports, dan Indonesia Mini GT Collector (IMGT).
BACA JUGA: Dukung Ekosistem Gaming dan E-sport, Telkomsel Luncurkan Paket GamesMAX Booster
Turnamen ini juga diisi dengan event fun match Mobile Legends yang mempertemukan VTuber antara Standup Comedian Jakarta Selatan dan Jakmania Esports serta dimeriahkan juga penampilan dari UP Girls girlgroup asal Indonesia.
Mario mengatakan pada event G2 Arena E-sport Tournament 2024 tidak hanya menghadirkan pertandingan e-sport, tetapi juga exhibition toys dan creators booth untuk semua kalangan terutama yang menyukai pop culture maupun mainan (toys).
“Event ini juga bisa menjadi acara pilihan bagi teman dan keluarga karena disertai dengan acara promo menarik dari tanggal 26 - 30 Juni 2024, di mana akan ada Program Flash Sale khusus diadakan pada hari Jumat di Lotte Alley,” ungkap Mario.
Event ini terbuka untuk umum, baik itu bagi penyuka mainan ataupun gaming. Hal yang menarik dan membedakan dari turnamen e-sport lainnya adalah G2 Arena turut menggandeng Komunitas Toys.
Di antaranya, seperti KAFI (Komunitas Action Figures Indonesia), IMGT (Indonesia Mini GT Collectors), tenant laptop dan aksesoris gaming, komunitas komik. Di samping produk-produk toys dari Mitra Adiperkasa (MAP) seperti Gunpla, action figure Avenger, Super Mario, Sonic, dan lainnya.
CEO Digikagi, Nico Alyus mengatakan event G2 Arena ini adalah turnamen e-sport paling warna-warni.
"Kami memang berusaha menyentuh berbagai komunitas, salah satunya yang menjadi konsentrasi kami adalah komunitas penggemar Virtual Youtuber (Vtuber)," ujarnya.
Sebagai bukti keseriusan Digikagi dan G2 Arena dalam melibatkan VTubers fans, sejak minggu lalu, Digikagi sudah menyelenggarakan Digikagi Virtual Championship (DVC), sebuah turnamen eksklusif online antar VTuber yang telah disaksikan oleh total lebih dari 10.000 audience, yang masih akan berlangsung bersamaan dengan G2 Arena minggu ini.
Selain itu ada banyak exclusive merchandise dan aktivitas seru lainnya yang akan melibatkan VTuber dan Komunitas Standup comedy Indonesia di dalam rangkaian acara offline G2 Arena.
General Manager Marketing Lotte Mall Jakarta, Anastasia Damastuti, mengatakan bahwa G2 Arena E-sport Tournament 2024 perdana ini dapat membawa suasana baru bagi Lotte Mall Jakarta dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Selain itu, kami berharap bahwa G2 Arena dapat menjadi event tahunan di Lotte Mall Jakarta.
Dalam turnamen e-sport terbesar di Indonesia ini, PT Netzme Kreasi Indonesia berkolaborasi sebagai promotor, penyedia sistem IP, serta sistem transaksi QRIS pada bazar selama berlangsungnya event G2 Arena E-sport Tournament 2024.
CEO PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), Vicky G. Saputra mengaku senang karena dapat berkontribusi kembali pada event-event seperti ini.
Dia berharap dapat memberikan pengalaman penggunaan dan pemanfaatan QRIS dalam industri kreatif, sekaligus mendukung program Bank Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan QRIS pada event e-sports seperti ini.
“Event seperti ini bisa menjadi salah satu roda penggerak ekonomi digital dan salah satu tujuan pariwisata kreatif Indonesia. Kami siap berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menyukseskan program ini,” pungkas Vicky. (esy/jpnn)
Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad