4 Alasan Duet Prabowo-Erick Berpeluang Besar Menangkan Pilpres 2024

Kamis, 21 April 2022 – 23:14 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Prabowo Subianto - Erick Thohir digadang-gadang memiliki peluang besar memenangkan Pilpres 2024.

Jika duet Prabowo Subianto- Erick Thohir terwujud maka akan menjadi pasangan terkuat dan berpotensi memenangi kontestasi nasional lima tahunan itu.

BACA JUGA: Lihat, Prabowo Serahkan Kunci & Sertifikat Perumahan Khusus Kepada Ahli Waris Pahlawan KRI Nanggala-402

Direktur Eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyampaikan potensi duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir pada Pilpres 2024 diprediksi akan mendapatkan dukungan besar dari masyarakat.

Berkaca dari hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dirilis belum lama ini menempatkan Prabowo-Erick unggul sebesar 47,5 persen dan memperoleh elektabilitas paling tinggi.

BACA JUGA: Pengamat Nilai Erick & Prabowo Menghasilkan Sinergi Positif

Menurut Igor, pasangan Prabowo-Erick ini memiliki keunggulan dan mereka saling melengkapi.

Dia melihat empat faktor yang menarik pasangan Prabowo-Erick.

BACA JUGA: Prabowo dan Erick Teken Kesepakatan, Pak Jokowi Menyaksikan

Pertama, faktor nama Prabowo Subianto yang kerap masuk radar 3 besar sebagai calon presiden (capres) dari berbagai lembaga survei.

Nama Prabowo Subianto sendiri sudah ada dalam benak dan imajinasi politik masyarakat.

Oleh karena itu, tidak heran namanya selalu ada dalam papan atas elektabilitas Capres di berbagai lembaga survei.

“Pak Prabowo itu elektabilitasnya kan hampir rata-rata 3 besar di semua lembaga survei, malah sering kali juara,” ujar Igor, Kamis (21/4/2022).

Kedua, kata Igor, latar belakang kedua tokoh tersebut dinilai pasangan ideal untuk memimpin Indonesia ke depan yaitu perpaduan antara militer dan sipil dari kalangan profesional.

"Dari sisi militer-sipil, Pak Prabowo itu latar belakangnya militer kalau Erick latar belakangnya sipil dan dia pengusaha,” ucapnya.

Selain itu, kata Igor, Prabowo Subianto juga dianggap sebagai ‘jalan tengah’ paling memungkinkan untuk meredam polarisasi politik di masyarakat.

Prabowo sebagai jalan tengah terbaik untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi 2024.

“Kalau misalkan pertarungan cebong dan kadrun itu, kami melihat hadirnya Prabowo mampu menghilangkan dikotomi atau polarisasi yang makin tajam, atau pembelahan di masyarakat," terang Igor

Igor juga berpendapat pasangan Prabowo-Erick dinilai cukup memiliki logistik yang kuat untuk untuk bertarung di pilpres 2024.

“Potensi Prabowo-Erick itu juga sangat dimungkinkan karena faktor logistik, kita tahu bahwa pilpres itu akan menguras banyak sumber daya, mobilitas dan lain sebagainya,” terang igor.

Selain memiliki kemampuan finansial yang bagus, Igor menilai Erick Thohir juga memiliki pesona yang menarik sebagai calon wakil presiden jika melihat dari data survei terbaru.

Nama Erick Thohir, lanjut Igor, justru ‘laku keras’ sebagai cawapres dan dipasangkan dengan nama capres siapa pun, Erick Thohir justru berhasil mendongkrak suara pasangan mereka.

"Maka tepat bila dikatakan bahwa Erick Thohir adalah tokoh kunci atau penentu suara kemenangan di Pilpres 2024," ungkapnya.

Kemudian lanjut Igor, Erick juga relatif dapat diterima semua kalangan masyarakat dan berpotensi mendapat dukungan dari lintas partai politik.

“Erick berpeluang koalisi dengan Gerindra (Prabowo) dan juga dengan partai lain. Erick itu kan bisa jadi Nasdem, PPP merapat dan itu sudah cukup. Slain dukungan parpol, logistik dan kinerja,” bebernya.

“Prabowo-Erick dari segi usia, dari segi latar belakang, militer-sipil dari segi kinerja dari segi elektabilitas, dari segi peluang untuk meraih dukungan parpol dan dari segi pemilih itu sangat baik,” tambahnya.

Lebih lanjut faktor keempat, Igor menjelaskan prediksi kemenangan Prabowo-Erick berdasarkan pemilih di mana tahun 2024 pemilih mayoritas datang dari generasi millenial yang cenderung akan memilih pemimpin muda seperti sosok Erick Thohir.

“Jadi, salah satu aspek penting di dalam pemilu itu kan bagaimana meraih simpati atau suara kan dari pemilih tentu saja, kalau kita lihat potensi Prabowo-Erick ini juga tinggi karena satu Pak Prabowo itu dikenal sebagai tokoh yang kuat leadershipnya, berwibawa,” jelas Igor.

“Erick ini punya sumber media, karena media itu kan berperan penting untuk misalnya menampilkan tokoh-tokoh yang bisa dianggap mampu menyedot perhatian publik itu ada di pasangan Prabowo-Erick,” ucapnya.

Selain itu, salah satu yang mendongkrak elektabilitas Prabowo dan Erick Thohir adalah mereka berdua sama-sama sosok menteri yang bukan hanya mumpuni, tetapi juga sarat prestasi. Banyak kebijakan dan terobosan masing-masing yang dirasakan publik.

"Prabowo-Erick ini seperti reinkarnasi Prabowo-Sandi karena kombinasi militer-sipil, tetapi Erick ini yang lebih berpotensi karena dia juga kinerjanya bagus, potensinya bisa terwujud dan memenangkan pertarungan," pungkas Igor.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler