4 Efek Buruk Jika Anda Tidur Berlebihan

Jumat, 07 Oktober 2016 – 11:04 WIB
Ilustrasi. Foto Catholiclane

jpnn.com - TIDUR, tidak hanya menjadi fase alami setiap orang, tapi juga menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk poses regenerasi energi dan seluruh fungsi tubuh.

Namun meski menjadi fase penting, bukan berarti Anda bisa tidur sepuasnya. Karena faktanya tidur berlebihan juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan.

BACA JUGA: Cara Cepat Tenangkan Diri Dalam Dua Menit

"Individu yang tidur lebih dari 10 jam per hari umumnya memiliki profil kesehatan yang lebih buruk dibandingkan mereka yang tidur 7 sampai 8 jam," kata profesor kedokteran tidur di Harvard dan dokter senior di divisi tidur dan gangguan sirkadian di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, Susan Redline, MD, MPH, seperti dilansir laman Prevention, Kamis (6/10).

Lalu, apa saja efek buruk tidur berlebihan?

BACA JUGA: Mom, ini Rahasia Anak Bisa Supel di Masa Depan

1. Penyakit Jantung.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di Amerika Serikat dan tidur lebih dari 8 jam setiap malam meningkatkan peluang Anda mati sebesar 34 persen.

BACA JUGA: Yuk Lakukan Ritual Pagi Untuk Hari yang Sehat

Wanita lebih rentan terhadap tidur lebih lama dibandingkan laki-laki yang menempatkan mereka pada risiko tertinggi mengembangkan masalah jantung.

2. Berat badan.

Banyak studi menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung mengalami kegemukan, tapi ada juga hubungan antara kelebihan tidur dan obesitas.

Sebab, orang gemuk cenderung tidur lebih lama.

3. Anda bisa mengembangkan diabetes.

4. Anda berada dalam risiko kematian dini.

Studi epidemiologi skala besar telah menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih lama, lebih mungkin meninggal sebelum waktunya. Tidak ada yang tahu persis mengapa, tetapi peradangan mungkin memainkan peran penting.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingin Gemuk? Diet Dulu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler