4 Jenis Alas Kaki yang Tidak Sehat

Kamis, 05 Desember 2013 – 12:36 WIB
Salah satu jenis alas kaki yang dianggap tak sehat. Getty Images

jpnn.com - High heels yang merupakan model favorit sebagian besar perempuan selama ini sering disebut sebagai contoh alas kaki yang berbahaya bagi kesehatan. Namun selain itu, ternyata ada beberapa jenis alas kaki lain yang juga memberikan efek serupa seperti high heels.

Berikut 4 jenis alas kaki yang bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan.

BACA JUGA: Istri Akrab dengan Kawan Suami, Bikin Susah Ereksi

1. Sepatu lari

"Sepatu lari yang tidak digunakan pada waktunya bisa memberikan efek yang tidak sehat bagi tubuh. Sebagian besar sepatu lari memiliki banyak bantalan agar pelari merasa nyaman, namun nyatanya terlalu banyak bantalan bukanlah hal yang terbaik, apalagi jika digunakan tidak saat berlari," kata dokter ahli penyakit kaki, dan Neal Blitz, Chief of Foot Surgery and Associate Chairman of Orthopedics di Bronx-Lebanon Hospital, Jacqueline Sutera, seperti dilansir laman Times of India, Rabu (4/12).

BACA JUGA: Hanya 20 Persen Remaja Tahu Penularan AIDS

Bila sepatu anda memiliki banyak bantalan, maka anda tidak mendapatkan refleks umpan balik kaki yang memungkinkan anda untuk bisa merasakan tanah. Oleh sebab itu, penggunaan sepatu ini dianjurkan benar-benar hanya saat berlari, berjalan, dan jogging. Jangan gunakan sepatu ini untuk hiking, menari, dan bersepeda sebab akan menyebabkan cedera stres kronis, terutama pada tumit.

2. Sandal jepit

BACA JUGA: Antidepresan Berisiko bagi Kehamilan

Kebanyakan sandal jepit yang ada saat ini memiliki bentuk yang terlalu datar, terlalu tipis, dan terlalu terbuka. Sandal jepit yang hanya didukung tali yang tipis dapat menyebabkan jari-jari kaki berkumpul dan bekerja ekstra agar sandal jepit tidak terlepas. Model sandal tersebut juga menyebabkan tubuh bagian atas harus ikut bekerja untuk mendukung saat berjalan, sehingga dapat melemahkan otot dari waktu ke waktu.

3. Stiletto

Pemakaian stiletto selama berjam-jam dapat menggeser tumpuan berat badan anda ke tumit, sehingga akan menimbulkan tekanan besar pada kaki. Terlalu lama menggunakan stiletto, dengan hak yang cukup tinggi, dapat menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki, risiko patah tulang, dan neuroma (tumor saraf jinak).

4. Platform wedges

Alas kaki dengan model wedges memang terlihat lebih nyaman dibandingkan stiletto, namun pada dasarnya alas kaki jenis ini juga memiliki hak yang juga bisa menempatkan tekanan pada kaki. Penggunaan wedges terasa lebih nyaman karena biasanya ia memiliki lebih banyak bantalan dibandingkan dengan stiletto. Meskipun demikian, pemakaian yang terlalu lama juga bisa menimbulkan risiko serupa dengan pemakaian stiletto. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Hal yang Bikin Suami Malas Bercinta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler