4 Kawanan Pencuri Kerbau Ditangkap, 3 Keok Diterjang Peluru Polisi, Lihat Gaya Mereka

Kamis, 30 September 2021 – 01:59 WIB
Empat orang pelaku pencurian kerbau diamankan di Mapolres OKU. Foto: palpos.id

jpnn.com, BATURAJA - Polisi meringkus empat dari lima kawanan pencuri hewan ternak jenis kerbau di Desa Suka Pindah Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) Kabupaten OKU, Sumsel.

Tiga pelaku terpaksa ditembak petugas karena melawan dan mencoba kabur saat akan ditangkap.

BACA JUGA: Briptu IMP Bareng Debt Collector Menagih Utang, Pamer Pistol, Perintah Kapolda Tegas

Keempat pelaku adalah Sastra Purnama (38) dan Parsito (49) keduanya warga Desa Munggu Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir (OI), Darman Parera (39) warga Desa Sukapindah Kecamatan KPR Kabupaten OKU.

Dari nyanyian ketiganya, petugas lalu meringkus Hamdani (48) warga Desa Sukapindah karena terlibat di dalam aksi pencurian kerbau tersebut.

BACA JUGA: Tak Ada Toleransi Lagi Bagi 6 Oknum Polisi Ini, Langsung Dipecat Tidak dengan Hormat

Sementara satu orang lagi dengan inisial In (30) warga Muara Kuang, kabur dan kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres OKU.

“Kawanan ini mencuri tiga ekor kerbau betina milik Ervan (22) warga Desa Sukapindah pada Sabtu (14/08) sekitar pukul 22.00 WIB. Lalu empat dari lima kawanan pencuri ternak ini ditangkap pada Rabu (29/09) dini hari di rumah masing-masing,” ungkap Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo, didampingi Kasi Humas, AKP Mardi Nursal.

Terungkapnya kasus pencurian sapi ini bermula dari laporan Dirson, warga Sukapindah selaku pengurus hewan ternak milik korban.

“Saksi seperti biasa mengikatkan hewan ternak peliharannya di pohon yang ada di dekat rumahnya, namun saat dicek beberapa jam kemudian tiga ekor kerbau betina yang diurusnya itu telah raib dicuri maling,” kata Kapolres.

Berbekal info itu, Unit Reskrim Polsek Peninjauan dipimpin Kanit Reskrim Ipda Fachrizal Effendi dibantu Tim Singa Ogan yang dipimpin Kanit Pidum Polres OKU, Ipda Bagus Adi Widya Randika langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah memeriksa sejumlah saksi, petugas sukses mengantongi identitas kelima pelaku. Namun sayangnya saat akan ditangkap, kawanan pencuri kerbau ini keburu kabur.

Selanjutnya setelah sebulan berlalu kata Kapolres, petugas kembali mendapat informasi kalau kelima pelaku balik ke rumah masing-masing, karena merasa situasi sudah aman.

Tak mau buang waktu lanjut Kasi Humas, petugas langsung menggerebek rumah kelima pelaku.

“Alhamdulilah, empat dari lima kawanan pencuri kerbau ini berhasil kami tangkap. Bahkan tiga di antaranya terpaksa ditembak karena melawan dan mencoba kabur saat akan ditangkap,” tegas Kasi Humas.

BACA JUGA: Petugas Rutan Bareskrim saat M Kece Dianiaya Diperiksa Propam, Ini Hasilnya

Selain mengamankan para pelaku kata Kasi Humas, anggotanya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu selang bekas buling warna putih bening, serta satu ekor kerbau jenis kelamin betina dengan berat sekitar 70 kilogram warna hitam. (*/palpos.id)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler