4 Kiat Alami Mengatasi Sulit Tidur

Minggu, 18 November 2018 – 10:43 WIB
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Insomnia atau susah tidur kadang dianggap sebagai hal sepele. Padahal, masalah tersebut bisa berimplikasi pada kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Produktivitas kerja dan berbagai kualitas hidup juga bisa terganggu. Untuk itu, sangat disarankan bagi penderita insomnia segera mencari cara mengatasi susah tidur, baik secara alami maupun secara medis.

BACA JUGA: Benarkah Mudah Tertidur Merupakan Gangguan Kesehatan?

Susah tidur bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya pola makan yang salah, stres, kecemasan atau depresi.

Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini tidak hanya bisa membuat Anda mengantuk sepanjang hari, tapi juga memicu masalah yang lebih serius. Seperti meningkatnya risiko penyakit jantung, diabetes dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Kursi Pijat TC730 Produksi Tokuyo Bisa Sembuhkan Insomnia

Berikut ini beberapa tips alami mengatasi sulit tidur, seperti dilansir laman Virginmediatelevision, Kamis (15/11).

1. Rempah

BACA JUGA: Tidur Kurang 6 Jam Terhubung ke Penyakit Kardiovaskular?

Herbal bisa menenangkan pikiran untuk membantu tidur dan mengurangi pola tidur yang terganggu.

-Valerian (tanaman berbunga) bisa menenangkan sistem saraf pusat dan melemaskan organ-organ internal (hindari dengan obat-obatan yang merangsang tidur).

Caranya, ambil tingtur 2,5–5 ml dua kali dalam sedikit air antara jam 6 sore dan waktu tidur.

-Hops adalah ramuan penenang dan aromatik yang membantu meredakan ketegangan dan perasaan gelisah yang menyertai insomnia (menghindari depresi).

Masukkan satu sendok teh bunga kering ke dalam 175 ml air mendidih untuk minum teh sebelum tidur.

- Passion flower sangat menenangkan pikiran dan tubuh. Coba gunakan dengan chamomile (bisa menyebabkan kantuk). Seduh satu sendok teh masing-masing bunga kering dan herbal chamomile kering di 175 ml air mendidih dan minum sepanjang malam untuk membantu mempromosikan keadaan relaksasi sebelum tidur.

-Wild lettuce adalah obat penenang yang sangat santai dan ramuan antispasmodic, yang bisa membantu menginduksi tidur. Tambahkan 1 ml tingtur ke secangkir teh passionflower.

2. Minyak esensial

Beberapa minyak esensial, seperti lavender, telah terbukti meningkatkan tidur malam yang nyenyak.

-Lavender telah terbukti dalam uji coba untuk menjadi obat insomnia yang aman dan efektif. Tambahkan lima tetes ke 10 ml vodka dan 40 ml air untuk semprotan kamar (jangan minum!)

-Chamomile adalah minyak yang menenangkan dan obat penenang untuk membantu tidur. Tambahkan dua tetes minyak almond 5 ml untuk pijat pra-tidur.

-Vetiver sangat membantu untuk menghilangkan stres dan ketegangan. Tambahkan dua hingga tiga tetes ke diffuser atau tambahkan lima tetes ke dalam bak mandi untuk merendam sebelum tidur.

3. Makanan

Ceri asam, ceri, goji berry, tomat, cabe, fenugreek, biji mustard putih atau hitam, biji yang bertunas, jagung, beras dan lupin (sering tersedia dalam bentuk kacang atau sebagai tepung / protein) menyediakan melatonin.

Yogurt, unggas, kacang dan biji-bijian adalah sumber-sumber triptofan yang baik. Hindari junk food, studi telah tunjukkan bisa mengganggu tidur restoratif.

4. Suplemen

Kita membutuhkan spektrum nutrisi yang luas agar tetap sehat dan karenanya tidur lebih baik.

Ada juga nutrisi tertentu yang secara khusus dikaitkan dengan peningkatan relaksasi dan penurunan insomnia.

Omega-3 telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak pada anak-anak. Ambil 500mg hingga 1g setiap hari untuk orang dewasa dan 300-500mg setiap hari untuk anak-anak, dari sumber laut atau tanaman.

Magnesium adalah mineral yang membantu tubuh melepaskan ketegangan dan pada gilirannya rileks. Ambil 350-400mg setiap hari.

Vitamin D - tingkat rendah dikaitkan dengan kantuk di siang hari dan nyeri muskuloskeletal. Konsumsi 600–800iu vitamin D3 setiap hari.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kaitan Waktu Tidur dengan Jantung yang Sehat


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler