4 Kiat Melakukan Yoga Sebelum Tidur Untuk Ibu Hamil

Kamis, 25 Oktober 2018 – 05:06 WIB
Latihan senam untuk kehamilan sangat bermanfaat untuk Anda, Foto: Thinkstock

jpnn.com - Tertidur adalah efek alami dari latihan yoga. Jika Anda ingin menambahkan yoga ke dalam rutinitas sebelum tidur, berdasarkan pemaparan dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, begini aktivitas yoga yang cocok dilakukan untuk ibu hamil:

1. Latihan pernapasan (pranayama)

BACA JUGA: 11 Pantangan untuk Ibu Hamil

Gerakan ini difokuskan pada menarik dan mengeluarkan napas secara dalam melalui hidung. Latihan ini bisa membantu mengatasi sesak napas pada kehamilan, serta membantu menghadapi kontraksi yang terjadi ketika persalinan.

2. Peregangan

BACA JUGA: Insomnia Saat Hamil? Lakukan Olahraga ini

Gerakan ini meregangkan berbagai area tubuh, seperti leher dan lengan, hingga mencapai rentang gerak maksimal. Namun perlu diingat, hormon relaksin pada kehamilan akan membuat rahim membesar, serta turut meningkatkan elastisitas jaringan ikat. Oleh karena itu, hindari gerakan meregang yang berlebihan, karena risiko cedera juga akan ikut meningkat.

3. Postur (asana)

BACA JUGA: 3 Penyakit Ini Rentan Dialami Ibu Hamil di Trimester Pertama

Gerakan ini merupakan gerakan dalam berbagai postur berdiri, duduk, atau berbaring yang bertujuan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

4. Pendinginan dan relaksasi

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk merelaksasi otot, mengembalikan denyut nadi dan irama napas saat beristirahat, membuat ibu lebih memahami tubuh dengan mendengarkan suara napas sendiri, merasakan sensasi tubuh, serta menenangkan pikiran dan emosi.

Bagi Anda para ibu hamil, ingin terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia? Yuk, ikuti cara Meghan Markle untuk mengatasinya dengan melakukan yoga! Dengan tidur nyenyak, kesehatan kehamilan Anda akan lebih terjaga, perkembangan janin pun berjalan dengan optimal.(NP/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 7 Cara Sehat untuk Menenangkan Diri dari Stres


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler