4 Kiat Supaya Tidur Anda Berkualitas

Kamis, 09 Agustus 2018 – 23:11 WIB
Tidur berkualitas. Foto: Pixabay

jpnn.com - Menurut dr. Vito A. Damay dari Klikdokter, tidur penting untuk menjaga ritme tubuh tetap teratur. Jika tidur teratur, tubuh nantinya akan mengeluarkan hormon yang sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. 

Selain itu, dr. Vito juga mengatakan, jika menginginkan pola tidur yang baik, Anda semua perlu mendapat tidur berkualitas.

BACA JUGA: Tidur tak Teratur? Waspada Rentan Terkena Jantung Koroner

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa tidur dengan berkualitas?

1. Siapkan diri

BACA JUGA: Bisakah Menebus Waktu Tidur yang Hilang di Akhir Pekan?

Persiapan sebelum tidur sangatlah penting. Segala aktivitas sebelum tidur harus dihentikan, salah satunya memegang ponsel. Tidur juga harus diniatkan. Anda tidak bisa "menunggu" tertidur sambil menonton tv. Karena paparan sinar dari layar televisi justru akan mengganggu tidur Anda.

2. Minum segelas susu hangat

BACA JUGA: Bagi Penderita Diabetes, Jangan Sepelekan Tidur Cukup

Segelas susu hangat sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan meminum susu yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi.

3. Bangun rasa nyaman pada diri dan kamar Anda

Anda harus membuat diri Anda senyaman mungkin ketika tidur. Pakai pakaian yang tidak membuat Anda menjadi terganggu. Buatlah suasana kamar menjadi lebih teduh. Selaini itu juga perhatikan suhu ruangan, jangan terlalu panas atau dingin.

4. Hindari makanan dan minuman

Jangan makan makanan yang berat sebelum tidur. Selain itu, kopi dan teh juga harus dihindari. Mengonsumsi makan malam hanya beberapa saat menjelang tidur hanya akan memperberat kerja organ pencernaan Anda. Akibatnya tubuh yang seharusnya beristirahat malah bekerja keras sepanjang malam.

Tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh. Jika Anda tidak memperhatikan waktu tidur dengan baik, Anda justru berisiko terkena penyakit, bahkan ada kemungkinan Anda bisa mengalami penyakit jantung. 

Oleh karena itu, usahakan untuk memiliki pola tidur yang teratur dengan jam tidur yang cukup, agar kesehatan Anda selalu terjaga.(RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lakukan Hal ini Agar Anak Tak Kurang Tidur Selama Puasa


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler