4 Manfaat Kacang Polong, Bikin Deretan Penyakit Ini Tidak Berkutik

Senin, 29 Januari 2024 – 06:25 WIB
Kacang polong

jpnn.com, JAKARTA - KACANG polong merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi orang dan diolah dalam bentuk hidangan seperti sup.

Kacang polong merupakan bagian dari famili tumbuhan Fabaceae yang dikenal juga dengan famili kacang-kacangan atau famili nadi.

BACA JUGA: Waspada, Ini 4 Bahaya Makan Kacang Polong Berlebihan

Permulaan mereka dimulai dari Timur Tengah, khususnya Turki dan Irak saat ini. Saat ini, kacang polong ditanam di seluruh dunia.

Kacang polong adalah sumber vitamin C dan E, seng, dan antioksidan lain yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

BACA JUGA: 7 Manfaat Rutin Makan Terong, Lindungi Tubuh dari Serangan Berbagai Penyakit Ini

Nutrisi lain, seperti vitamin A dan B serta coumestrol, membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko kondisi kronis, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan radang sendi.

Konsentrasi tinggi vitamin, mineral, antioksidan, dan fitonutrien dalam kacang polong memberikan manfaat kesehatan penting mulai dari menjaga kesehatan mata hingga melindungi Anda dari kanker tertentu.

BACA JUGA: Sarapan Kenyang Lebih Lama dengan Kacang Polong

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Webmd.com.

1. Kesehatan mata

Kacang polong mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini membantu melindungi mata Anda dari penyakit kronis seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai filter dari cahaya biru berbahaya, yang berkontribusi terhadap katarak dan degenerasi makula.

2. Kesehatan pencernaan

Kacang polong kaya akan coumestrol, nutrisi yang berperan dalam melindungi terhadap kanker perut.

Sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan di Mexico City menunjukkan bahwa asupan harian kacang polong dan kacang-kacangan lainnya menurunkan risiko kanker perut sebesar 50 persen.

Kacang polong juga tinggi serat, yang membantu memindahkan makanan melalui usus agar lebih mudah dicerna.

3. Pengendalian gula darah

Kacang polong kaya akan serat dan protein, yang membantu mengatur cara Anda mencerna pati.

Protein dan serat dalam kacang polong memperlambat pemecahan karbohidrat dan membantu mengontrol gula darah Anda.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein menurunkan gula darah setelah makan pada penderita penyakit diabetes tipe 2.

Kacang polong juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, kecil kemungkinan Anda mengalami lonjakan gula darah secara tiba-tiba setelah mengonsumsinya.

4. Kesehatan jantung

Peradangan dan stres akibat radikal bebas (oksidasi) bisa berkontribusi terhadap pembentukan plak di sepanjang dinding pembuluh darah.

Asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ditemukan dalam kacang polong membantu mengurangi oksidasi dan peradangan serta mencegah pembentukan plak.

Selain itu, magnesium, potasium, dan mineral lain yang terdapat pada kacang polong bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Khasiat Kapulaga, Lindungi Tubuh dari Serangan Penyakit Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler