4 Manfaat Kolostrum bagi Bayi, Sungguh Dahsyat

Selasa, 09 Juli 2024 – 15:12 WIB
Ilustrasi bayi menyusu ibunya. Foto: ANTARA/Pexels-Jonathan Borba

jpnn.com - JAKARTA - Dokter spesialis anak (pediastri) dari National Hospital Surabaya Dr dr Dian Pratamastuti Sp A menjelaskan manfaat kolostrum bagi bayi.

Dia mengatakan, bayi yang memperoleh kolostrum langsung di hari pertama pasca-lahir - seperti putra Via Vallen - punya kemampuan antibodi yang dahsyat.

BACA JUGA: Via Vallen Melahirkan Anak Pertama, Ini Nama Panggilan Bayinya

"Kolostrum itu cairan ajaib dengan antibodi terdahsyat yang keluarnya hanya pada saat seorang ibu baru melahirkan," kata Dian saat konferensi pers daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa (9/7).

Dokter Dian mengatakan keberhasilan memperoleh kolostrum saat inisiasi menyusu dini (IMD) dilakukan dapat membantu bayi belajar menyusu dengan baik waktu pemberian ASI berikutnya.

BACA JUGA: Pentingnya Memilih Popok yang Tepat untuk Tumbuh Kembang Motorik Bayi

Oleh karena itu, dia menganjurkan agar kolostrum bisa langsung diberikan kepada bayi saat baru muncul setelah proses persalinan.

Berikut adalah manfaat kolostrum diberikan kepada bayi menurut dokter:

BACA JUGA: Gelar Tingkeban, Via Vallen Curahkan Isi Hati untuk Calon Bayi

1. Mengandung imunoglobulin dan antioksidan yang berfungsi untuk memberikan imunitas pada bayi.

2. Membantu bayi mengeluarkan mekonium (tinja pertama) yang penting untuk membersihkan usus.

3. Membantu mencegah penyakit kuning pada bayi.

4. Mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan ibu dan bayi.

Penyanyi Via Vallen melahirkan putra bernama Muhammad Raiden Agam Radia Al-Arifin lewat metode persalinan operasi caesar pemulihan cepat (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery/ERACS) di Surabaya, Jawa Timur pada (7/7) pukul 7:17 WIB.

Bayi laki-laki yang dilahirkan oleh Via Vallen memiliki bobot 3.000 gram dan panjang 50 centimeter, lingkar kepala 34 centimeter, lingkar dada 32 centimeter, sehingga keadaannya normal.

Bayi Agam sudah memiliki rangsangan yang baik terhadap pemberian ASI selepas operasi, sementara sang ibu juga diperbolehkan untuk mendapat perawatan di rumah. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler