4 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Kamis, 28 September 2017 – 05:02 WIB
Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang dipercaya bisa membuat menjadi lebih segar dan bugar.

Yoga juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Berikut beberapa masalah psikologis yang dipercaya bisa disembuhkan melalui yoga.

BACA JUGA: Dian Nitami Keranjingan Yoga Gara-Gara Suami

1. Depresi.

Yoga merupakan pengobatan yang efektif untuk beberapa jenis depresi. Serangkaian penelitian dari Belanda menemukan, yoga memberikan beberapa keuntungan bagi penderita depresi kronis.

BACA JUGA: Nagita Slavina yang Menuai Pujian dan Cacian Karena Belahan

Dalam studi pertama, pria dan wanita yang menderita depresi selama sebelas tahun mengalami penurunan depresi, kecemasan, stres, dan ruminasi (kondisi di mana seseorang berulang kali memuntahkan makanan yang belum atau telah dicerna) setelah mereka mengambil kelas yoga selama 2,5 jam per minggu. Mereka menjalani yoga sebagai terapi selama sembilan minggu.

Yoga menawarkan kesempatan untuk melepaskan stres dan ketegangan dengan membantu mengalihkan fokus ke masa kini. Yoga membuat pikiran, tubuh, dan jiwa terhubung dengan baik.

BACA JUGA: Gerakan Yoga Nagita Slavina Menuai Pujian

2. Kecemasan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pennsylvania mencoba meneliti orang-orang dengan gangguan depresi berat dan tidak sepenuhnya menjalani pengobatan. Studi pada 2016 itu menemukan bahwa orang-orang tersebut mengalami penurunan depresi dan kecemasan setelah berlatih yoga Sudarshan Kriya, yakni latihan pernapasan yang dikendalikan secara teratur.

Sementara orang-orang yang hanya mengonsumsi obat-obatan, dan tidak berlatih yoga, tidak menunjukan adanya perubahan.

Erin Wiley, seorang psikoterapis klinis di Ohio, Amerika Serikat, mengungkapkan yoga membantu menenangkan sistem saraf pasien dengan kecemasan yang tinggi. Menurut Erin, yoga mengajarkan bahwa mereka memiliki kendali atas reaksi stres mereka. Yoga juga memberikan keterampilan mengatasi diri saat kewalahan, dan memberi pengalaman menenangkan diri di saat-saat sulit.

3. Gangguan kejiwaan.

Terapi yoga bisa membantu seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan. Sebuah studi di The Journal of Alternative and Complementary Medicine mengungkapkan, program terapi yoga selama delapan minggu (yang mencakup latihan pernapasan dan relaksasi) menyebabkan pasien skizofrenia menunjukkan penurunan pikiran negatif.

4. Gangguan makan.

Terapi yoga dapat membantu pasien yang menderita gangguan makan, karena mengubah pandangan mereka terhadap tubuh. Pasien yang berlatih yoga menunjukkan gejala gangguan makannya mengalami penurunan, dibandingkan dengan pasien yang tidak berlatih yoga.

Yoga telah mengingatkan pasien bahwa mereka lah kendali dan kepemilikan atas tubuh mereka. Yoga juga membantu pasien gangguan makan untuk melihat tubuh sebagai aset dan membantu mereka merasa lebih kuat.

Tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, yoga juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Seperti telah dijabarkan di atas.

Selain itu, yoga juga bisa membantu mengatasi masalah psikologis seperti depresi, kecemasan, gangguan kejiwaan, dan gangguan makan.(BA/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yoga Mampu Turunkan Risiko Penyakit Jantung?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler