4 Masalah Lingkungan Ini Perlu Perhatian Capres dan Cawapres

Rabu, 15 November 2023 – 17:25 WIB
CSIS menyebut ada 4 masalah lingkungan yang perlu menjadi perhatian para capres dan cawapres. Foto: dok. CSIS

jpnn.com, JAKARTA - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melihat ada empat permasalahan lingkungan yang perlu mendapat perhatian calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

Keempat masalah tersebut adalah kurangnya pemahaman dari pengambil kebijakan terkait substansi isu lingkungan, iklim, dan ketahanan air.

BACA JUGA: CSIS: Infrastruktur Jadi Salah Satu Penunjang Ekonomi Digital

Kemudian, kurangnya komitmen dan dukungan politik. Lalu, kurangnya koordinasi dua arah antara pemerintah pusat dan daerah.

Selanjutnya, kurang kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait pentingnya isu lingkungan.

BACA JUGA: Penguatan Isu Lingkungan Mengemuka Dalam Pertemuan Ketiga EDM CSWG & JECMM di Bali

"Kita menghadapi empat problem utama dalam mengatasi isu lingkungan ke depan, utamanya lack of substance, lack of political support/direction, lack of policy coordination, dan lack of awareness," ujar Yose Rizal Damuri, Direktur Eksekutif CSIS dalam keterangannya, Rabu (15/11).

Menurut Yose, hal tersebut penting jadi perhatian capres dan cawapres karena selain dampaknya sudah dirasakan, di tingkat global sudah banyak inisiatif untuk melakukan mitigasi iklim.

BACA JUGA: Tanggapi Masalah Lingkungan dan Iklim Global, Menteri Siti: Perlu Solusi Bersama

"Hal ini menentukan posisi dan peran Indonesia, di tingkat internasional ke depannya," tutur Yose Rizal Damuri.

Dia menambahkan untuk menyelesaikan masalah lingkungan ke depan perlu adanya langkah kolaboratif ke depan terutama dari partai politik.

Hal yang bisa dilakukan di antaranya mempersiapkan arahan politik yang sistematis dan konsisten mengenai dekarbonisasi ekonomi, mengelola koordinasi lintas pihak secara berkelanjutan dalam implementasi kebijakan, dan target transisi hijau.

Selain itu, m eningkatkan kesadaran pentingnya melakukan aksi lingkungan dan mitigasi iklim melalui pendidikan dasar dan strategi komunikasi yang baik.

Menurut Yose, studi CSIS pada 2019 menemukan bahwa hanya satu dari 16 partai politik di Indonesia yang menjadikan isu lingkungan sebagai prioritas kampanye.

"Hal tersebut salah satunya dipengaruhi karena isu lingkungan belum bisa memberikan political incentive yang besar bagi partai politik dalam Pemilu," tuturnya. (jlo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler