4 Olahraga ini Sangat Dianjurkan Bagi Lansia

Senin, 08 Januari 2018 – 14:49 WIB
Lansia. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Lansia merupakan golongan usia yang tetap wajib melakukan aktivitas fisik. Ini karena usia yang semakin bertambah, membuat fungsi organ tubuh jug makin menurun. Karenanya, hidup yang terlalu santai membuat risiko penyakit semakin meningkat.

Aktivitas fisik yang dilakukan lansia tidak perlu terlalu berat. Berikut beberapa pilihannya:

BACA JUGA: Olahraga Selama 10 Menit Bisa Menyehatkan Otak?

1. Senam.

Aerobik, yoga, dan pilates bisa membantu menjaga ketahanan tubuh. Di samping itu, aktivitas sehat ini juga dapat menjadi media bersosialiasi antar lansia, karena bisa dilakukan secara beregu maupun berkelompok.

BACA JUGA: Tetap Sehat dan Aktif di Usia Senja dengan Cara Ini

2. Berenang.

Aktivitas yang satu ini terbukti efektif sebagai bentuk latihan ketahanan fisik dan pernapasan, karena memiliki risiko cedera yang paling kecil. Tak hanya itu, berenang juga bisa membantu lansia yang memiliki masalah dengan lutut alias osteoartritis.

BACA JUGA: Pemda tak Peduli pada Siswa Berprestasi di Bidang Olahraga

3. Berjalan kaki.

Jalan kaki sangat baik dilakukan secara rutin, paling tidak sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Ini karena berjalan kaki bisa menjaga kesehatan otot, tulang, jantung dan paru-paru, sehingga membuat lansia mampu bergerak lebih aktif.

Agar tidak bosan, berjalan kaki sebaiknya dilakukan di pantai, taman kota, atau sekadar mengelilingi pusat perbelanjaan.

4. Aktivitas rumahan.

Beternak, berkebun, mengepel, dan menyapu merupakan jenis aktivitas fisik yang paling mudah untuk dilakukan. Meski terkesan santai, nyatanya aktivitas rumahan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jika timbul keraguan dalam memilih jenis aktivitas fisik yang sesuai untuk lansia, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Sebab aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin, teratur, dan sesuai petunjuk dokter, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.(NB/ RVS/klikdoter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Olahraga Terbaik untuk Mengatasi Sakit Kepala


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Lansia   Olahraga  

Terpopuler