4 Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Obesitas

Senin, 09 September 2019 – 10:21 WIB
ILUSTRASI. Obesitas. Foto: Fox News

jpnn.com - Orang yang mengalami kondisi obesitas dan terbiasa dengan gaya hidup sedenter, biasanya agak sulit untuk mulai rutin berolahraga. Memang Anda tidak perlu langsung melakukannya dalam intensitas tinggi. Pertama-tama, kenali dulu olahraga yang cocok dan cara memulainya.

Pasalnya, untuk pemilik berat badan berlebih, beberapa jenis olahraga bisa menyakitkan atau menyebabkan ketidaknyamanan fisik.

BACA JUGA: Efektifkah Pengaturan Waktu Makan untuk Menurunkan Berat Badan?

Olahraga yang cocok untuk penderita obesitas
Olahraga memang baik untuk setiap orang tak peduli berapa berat badannya. Meski demikian, ada beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari orang-orang dengan obesitas.

Menurut dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, dari KlikDokter,olahraga seperti angkat beban atau latihan kekuatan sebaiknya dihindari dulu. Pasalnya, jenis olahraga tersebut tak akan mengurangi jumlah lemak yang tertimbun dalam tubuh, melainkan lemak diubah langsung menjadi otot. Sehingga, bentuk badan bisa tak menyusut.

BACA JUGA: 4 Kiat Sukses Kembali Olahraga Rutin setelah Liburan

Lantas, olahraga seperti apa yang paling baik untuk penderita obesitas?

1. Jalan kaki

BACA JUGA: Pengaruh Olahraga pada Nafsu Makan

Paling mudah adalah memulai dengan berjalan kaki. Aktivitas fisik low-impact ini bisa dilakukan di mana saja. Untuk penderita obesitas morbid, mungkin berjalan bisa sulit, tetapi bisa dilakukan dengan pendamping. Bahkan berjalan lambat pun tetap bisa membakar kalori pada orang-orang yang kelebihan berat badan, karena pengerahan energi yang lebih besar untuk menggerakkan tubuh.

2. Lari

Kata dr. Karin, lari merupakan olahraga yang paling baik untuk mereka dengan berat badan berlebih.

“Untuk membakar lemak, setidaknya mereka yang obesitas harus melakukan olahraga kardio, seperti lari, setidaknya 30 menit dalam sehari,” kata dr. Karin.

“Lari adalah aktivitas fisik untuk membuat tubuh lebih sehat. Lari juga terbukti dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kualitas kesehatan, serta menurunkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh,” tambahnya.

Meski disarankan, tetapi jangan sampai lari berlebihan, apalagi yang sudah bertahun-tahun tidak pernah lari. Kalau merasa tak sanggup, selingi lari dengan jalan santai.

3. Bersepeda

Selain lari, opsi olahraga yang cocok lainnya adalah bersepeda. Bersepeda juga merupakan jenis olahraga kardio yang tidak membentuk otot tubuh, tetapi mampu merampingkan tubuh sekaligus membebtuk pantat, paha, dan pinggang.

4. Berenang

“Sama dengan lari, ketika Anda berenang, semua bagian tubuh akan bergerak. Mulai dari kaki hingga kepala akan digunakan sebagai ‘media’ untuk olahraga. Jika dilakukan dengan benar, kalori yang terbakar pun bisa lebih banyak ketimbang Anda berlari,” ujar dr. Karin.

Selain membakar lemak dalam tubuh, berenang juga sering direkomendasikan kepada penderita asma untuk menjaga fungsi paru-parunya. Sejumlah penelitian mengungkapkan, gejala asma dapat berkurang pada penderita asma yang rutin berenang.

“Posisi tubuh yang mendatar saat berenang memiliki efek positif terhadap saluran pernapasan penderita asma. Dibandingkan dengan olahraga lain, posisi tubuh ini akan membuat saluran pernapasan lebih relaks dan membuat penderita asma jadi lebih bebas bergerak dan bernapas,” tambahnya. 

Itulah jenis olahraga yang cocok untuk Anda yang mengalami obesitas. Dikombinasikan diet sehat, istirahat cukup, mampu kelola stres dengan baik, menuruti segala anjuran dokter, serta terus bersikap positif, Anda bisa mendapatkan berat badan ideal.(klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Cara Menurunkan Berat Badan dengan Plum


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler