4 Rekomendasi Tempat Wisata di Buton Tengah, Mulai Gua Hingga Pantai Eksotik

Kamis, 15 Desember 2022 – 20:39 WIB
Pantai Wantopi, salah satu rekomendasi tempat wisata di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Foto: Seribu Benteng

jpnn.com, BUTON TENGAH - Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara ternyata menyimpan banyak wisata alam yang sangat indah dan menarik.

Buteng terletak di sebagian wilayah Pulau Muna dan pulau kecil Kabaena. Daerah ini terdiri dari 7 kecamatan, 10 kelurahan dan 67 desa dengan luas wilayah 958,31 km² dan jumlah penduduk sebesar 118.907 jiwa catatan pada 2020.

BACA JUGA: Ajak Istri Berlibur ke Buton Selatan, Aris Idol: Indah Banget

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sulawesi Tenggara, Belli Harli Tombili mengatakan selain wisata bahari dengan pantainya yang sangat menawan, Buteng juga dijuluki negeri 1.000 gua.

Menurutnya, sektor pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bahkan berkontribusi pada pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha, dan pembangunan infrastruktur negara.

BACA JUGA: Lomba Promosi Desa Wisata Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Gus Halim Ungkap Sebuah Harapan

“Pembentukan dan pengembangan pariwisata dalam memajukan daerah mencakup tiga aspek penting, yaitu atraksi, amenitas, dan aksesibilitas. Atraksi maksudnya keunikan dan ciri khas agar wisatawan tertarik dan mengunjungi lokasi wisata," kata Belli Harli Tombili.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Buton Tengah:

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Tempat Wisata yang Hit di Kota Palembang

1. Pantai Mutiara


Pantai Mutiara. Foto: Seribu Benteng

Pantai dengan hamparan pasir putih bersih ini terletak di desa terpencil Gumanano, sebagai salah satu unggulan di Buteng, yang diresmikan pada 2015.

Pasir putih dipadukan warna laut yang hijau kebiruan memberikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Umumnya pengunjung berburu spot terbaik saat sunset.

2. Pantai Wantopi

Pemandangan pantai di dalam Teluk Lasori, Kecamatan Mawasangka Timur, ini sangat memanjakan mata. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit dari pelabuhan Raha, Pantai Wantopi ramai dikunjungi tiap liburan akhir pekan oleh wisatawan lokal maupun dari luar pulau.

Letaknya yang berada di dalam teluk, Pantai Wantopi tidak langsung berhadapan dengan ombak ataupun gelombang laut, sehingga bisa menikmati suasana laut dengan air yang tenang.

3. Gua Bidadari


Gua Bidadari. Foto: Seribu Benteng

Keindahan pemandangan dengan sorotan cahaya alami membuat Gua Bidadari menjadi sasaran untuk pasangan yang ingin mencari lokasi prewedding. Gua yang  berada di desa Wadiabero ini dikunjungi karena dikenal dengan kolam biru di dalamnya.

4. Gua Laumehe


Gua Laumehe. Foto: Seribu Benteng

Dari hasil penelitian UGM, gua yang terletak di desa Wantopi ini memiliki ornamen terlengkap hingga terpilih menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022, untuk kategori Olahraga dan Petualangan.

Ornamen berbentuk stalagmit dan stalaktit membuat Gua Laumehe disukai wisatawan mancanegara. Gua ini terkenal penuh dengan tantangan. Wisatawan dapat menelusuri gua hingga ke bagian terdalam yang jaraknya mencapai 86 meter. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler