4 Siswa SMAN 8 Jakarta Raih Medali pada Olimpiade Sains Nasional 2023

Senin, 04 September 2023 – 07:40 WIB
Empat siswa-siswi SMA Negeir 8 Jakarta meraih medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 yang berlangsung secara luring pada 27 Agustus hingga 2 September 2023. Tampak dari kiri ke kanan: Afrand Mirza Herwinsyah (Perak, Biologi), Keisha Rochelline Simorangkir ( Emas, Biologi), Kireina Azizah Rizky (Perunggu, Biologi), dan Brian Jonah Simorangkir (Perunggu, Geografi). Foto: Humas SMAN 8 Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Siswa dan siswi SMA Negeir 8 Jakarta terus mengukir prestasi baik skala nasional maupun internasional.

Terbaru, empat medali berhasil diperoleh sebagai bukti prestasi siswa pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023.

BACA JUGA: SMAN 8 Jakarta Berulang Tahun ke-65, Ribuan Alumni Memadati Ecovention Ancol

Babak final OSN 2023 digelar secara luring pada 27 Agustus hingga 2 September 2023.

BACA JUGA: Dua Pelajar SMAN 8 Jakarta Raih Penghargaan Asia World Model United Nations di Bangkok

Empat siswa-siswi SMA Negeir 8 Jakarta meraih medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023  yang berlangsung secara luring pada 27 Agustus hingga 2 September 2023. Foto: Humas SMAN 8 Jakarta

OSN jenjang SD/MI dan SMP/MTs digelar secara daring. Sedangkan OSN jenjang SMA/MA digelar secara luring di Bogor Jawa Barat.

BACA JUGA: Keluarga SMAN 8 Jakarta Menyenangkan Anak-anak TBM Bukit Duri Bercerita, Begini Caranya, Keren

Namun demikian, para pemenang OSN diumumkan bersamaan dengan penutupan OSN di Plasa Insan Berprestasi Kemdikbudristek, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

“Alhamdulillah, SMA Negeri 8 Jakarta meraih satu emas, satu perak, dua perunggu. Jadi, total ada 4 medali yang diperoleh pada OSN 2023,” kata Kepala SMAN 8 Jakarta Mukhlis dalam keterangan tertulis pada Senin (4/9).

Mukhlis mengatakan perjuangan keenam siswa-siswi sama beratnya, bawa medali atau tidak itu bonus.

“Kami yakin dan percaya, anak-anak sudah berjuang dengan sangat luar biasa,” kata Mukhlis.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi mengatakan OSN tingkat nasional diikuti oleh 1.475 peserta.

Mereka terdiri dari 230 peserta jenjang SD/MI, 345 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta jenjang SMA/MA. Peserta berasal dari 38 provinsi.

OSN juga diikuti oleh 15 siswa dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Belanda, dan Saudi Arabia.

OSN, kata Asep merupakan salah satu ajang talenta yang diselenggarakan di antara 40 ajang talenta yang diselenggarkan tahun ini oleh BPTI untuk bidang seni budaya dan olah olaharaga jenjang SD sampai Perguruan Tinggi.

OSN adalah katalis untuk memindai talenta terbaik bibit unggul di bidang sains.

“OSN ingin menumbuhkan semangat merdeka belajar, merdeka prestasi, semangat saling menghargai prestasi, dan persahabatan para generasi bangsa,” kata Asep saat penutupan OSN.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta Tata Muttaqin mengapresiasi perjalanan para peserta dalam mengikuti OSN 2023.

Para peserta sudah mengalami perjalanan luar biasa mulai dari seleksi tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi.

“Pelaksanaan OSN yang sistematis dan berjenjang bagi peserta akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan itu bagian dari porto folio yang penting untuk pembelajaran anak-anakku di masa depan,” Tatang saat memberi sambutan pada upacara penutupan OSN 2023.

Menginspirasi Siswa Lain

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 8 Jakarta Salehudin yang turut dalam penutupan OSN 2023 bersyukur dan memberikan apresiasi atas kerja keras para siswa dan pendamping yang tergabung dalam Tim Olimpiade.

Prestasi ini juga tidak terlepas dari rida Allah SWT, doa restu dan dukungan dari seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan, kerja sama Orang Tua Murid dan juga dari teman-teman di sekolah.

“Semoga prestasi ini membawa keberkahan dan kebangaan bagi siswa-siswi, dan juga menginspirasi bagi siswa lainnya," ucap Salehudin.

Terdapat 6 siswa yang mengikuti OSN dari SMA Negeri 8 Jakarta 

1. Keisha Rochelline Simorangkir Bidang Biologi (Kelas XII MIPA E)

2. Kireina Azizah Rizky Bidang Biologi (Kelas XII MIPA I)

3. Hilmi Panji Satriatama Kelas XII IPS Bidang Ekonomi

4. Naufal Attala Maadjid Kelas XI-C Bidang Kimia

5. Brian Jonah Simorangkir Kelas XI-C Bidang Geografi

6. Afrand Mirza Herwinsyah Kelas X-I Bidang Biologi.

Saat memulai lomba di tingkat Kabupaten Kota, Afrand masih di kelas 9, asal sekolah SMPN 115 Jakarta, namun saat ini Afrand kelas X di SMA Negeri 8 Jakarta.

Berikut prestasi yang diraih SMA Negeri 8 Jakarta: 

A. Medali Emas

1. Keisha Rochelline Simorangkir (Bidang Biologi). 

B. Medali Perak

1. Afrand Mirza Herwinsyah (Bidang Biologi)

C. Medali Perunggu

1. Kireina Azizah Rizky (Bidang Biologi)

2. Brian Jonah Simorangkir (Bidang Geografi) 

Terdapat hal yang menarik, Keisha dan Brian adalah kakak beradik. Keduanya berprestasi di bidangnya masing-masing.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler