4 Suplemen yang Ampuh Usir Jerawat

Minggu, 28 November 2021 – 09:40 WIB
Ilustrasi logo jerawat. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - JERAWAT merupakan masalah kulit yang paling membuat jengkel kaum wanita.

Jerawat yang membandel dan meradang tentu saja bisa merusak penampilan wanita.

BACA JUGA: 3 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Jerawat Membandel

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat.

Mulai dari perawatan dengan dokter kulit, menggunakan masker jerawat hingga mengonsumsi makanan sehat.

BACA JUGA: Ini Suplemen Herbal Anak yang Berkhasiat Mencerdaskan Otak

Beberapa suplemen juga bisa membantu mengatasi jerawat.

Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Onlymyhealth.

BACA JUGA: 4 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat

1. Vitamin A

Sebuah vitamin yang memiliki banyak sifat antioksidan, vitamin A adalah suplemen yang bisa membuat kulit Anda sehat dan meningkatkan kesehatan kulit yang lebih baik dengan memerangi radikal bebas dan kerusakan yang disebabkan karenanya.

Dengan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, vitamin A tidak hanya membantu meredakan jerawat, tetapi juga mengurangi kerusakan sel dan memperlambat penuaan kulit.

Memasukkan vitamin A dalam diet rutin Anda dengan bantuan jeruk atau mengonsumsi suplemen bisa membantu mengatasi jerawat dengan meningkatkan pertumbuhan sel dan proses penyembuhan, mengurangi peradangan, menghaluskan kulit dan mengurangi produksi sebum.

Namu ingat, Anda hanya boleh mengonsumsi suplemen Vitamin A setelah berkonsultasi dengan dokter dan asupan harian suplemen ini tidak boleh lebih dari 5000 IU.

2. Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita, tidak hanya untuk menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang tetapi juga untuk kulit yang baik.

Vitamin D adalah nutrisi yang juga dikenal sebagai "vitamin sinar matahari" yang dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

Kadar vitamin D yang cukup dalam tubuh bisa membantu Anda dalam mengurangi peradangan, mengontrol pertumbuhan bakteri dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

Bersamaan dengan ini, vitamin D juga bisa membantu menormalkan bercak putih tersebut.

Meskipun vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda, batas asupan harian suplemen ini tidak boleh melebihi lebih dari 1000 UI.

3. Selenium

Selenium tidak hanya membantu seseorang dalam mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi jantung dari berbagai penyakit kardiovaskular, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas kulit Anda dan meredakan jerawat dan jerawat.

Memiliki antioksidan kuat, selenium bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkannya dan melindungi sel-sel sehat agar tidak rusak.

Nutrisi penting ini juga membantu mengurangi peradangan dengan menyeimbangkan hormon.

Selenium bekerja paling baik dengan kombinasi vitamin E dan seng, tetapi tidak boleh dikonsumsi tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda dan dosis hariannya tidak boleh melebihi 400 mg.

4. Seng

Salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan tubuh manusia untuk melakukan berbagai fungsi tubuh penting seperti fungsi kekebalan tubuh, berkontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan proses penyembuhan luka dan membantu dalam sintesis protein.

Seng berkontribusi dalam berbagai fungsi tubuh tetapi yang mengejutkan, juga bisa membantu Anda memiliki kulit yang sehat dan mengurangi jerawat.

Seng diketahui menurunkan tingkat peradangan dengan melawan stres oksidatif yang merusak dalam tubuh.

Peradangan yang berkurang ini membuat jerawat sembuh. Selain itu, juga bisa membantu mengurangi produksi minyak di kulit dan melindunginya dari infeksi bakteri.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler