4 Tahun Hiatus, Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara kembali Digelar

Kamis, 15 Agustus 2024 – 14:56 WIB
Jumpa pers perhelatan Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara (PPBN) 2024 di Galeri Indonesia Kaya. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com - Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) bersama Jeeves Indonesia, didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kembali menggelar Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara (PPBN) 2024.

Ini kali ke-10 ajang pemilihan duta tingkat nasional tersebut diselenggarakan.

BACA JUGA: Jokowi Pakai Batik Bernuansa Cokelat dan Putih pada Acara Puncak Hari Kebaya Nasional

Ketua Umum IPBN sekaligus Aktris Tanah Air, Ayu Dyah Pasha menyatakan PPBN sempat hiatus selama 4 tahun karena Covid-19.

Pada tahun ini, PPBN akhirnya kembali diselenggarakan dengan tagline "Muda, Gaya, Berbudaya".

BACA JUGA: Zialova Batik Sukses Bertransformasi Jadi Produsen Fashion Lokal Lewat KUR BRI

Acara PPBN 2024 akan menjadi ajang pamer budaya Nusantara, khususnya batik.

"Ini menjadi kesempatan memperkenalkan ragam batik Nusantara, seperti batik Bali yang diangkat kembali di PPBN 2024," kata Ayu saat ditemui Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

BACA JUGA: Diajak Putu Rudana ke Sarinah, Ketua Parlemen Tonga Beli Batik, Lalu Makan Bebek Bali

Di sisi lain, Dewan pembina IPBN sekaligus Inisiator dan Pendiri IPBN, Dr. Sapta Nirwandar menekankan pentingnya pelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa, terutama oleh generasi muda.

Sejak diresmikan oleh UNESCO, keberagaman batik di Indonesia pun semakin meningkat.

Menyusul adanya pertumbuhan tersebut, Sapta menilai untuk melibatkan selera generasi muda  agar batik Indonesia bisa terus berevolusi dengan tampilan yang lebih kekinian.

"Kreativitas dan inovasi yang muncul dari generasi muda, harapannya tidak hanya bermanfaat pada lestarinya batik, tetapi juga pada perekonomian nasional,” kata Sapta.

Kehadiran Putra Putri Batik Indonesia ini menjadi harapan warisan budaya Indonesia tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga dunia.

Sebagaimana diketahui, para pemenang PPBN akan bertugas menjadi fasilitator, edukator, inovator, sekaligus Key Opinion Leader (KOL) untuk mengenalkan, mengajarkan serta melestarikan batik nusantara di Indonesia dan mancanegara.

IPBN akan menyeleksi anak muda berusia 18-27 tahun dengan berbagai kriteria, termasuk wawasan tentang batik, kecerdasan, bakat seni, kepribadian, dan kemampuan berbahasa asing.

Tinggi badan minimal yang ditetapkan adalah 172 cm untuk putra dan 165 cm untuk putri.

Pendaftaran online akan berlangsung dari 13 Agustus hingga 15 September 2024, dilanjutkan dengan audisi pada 28 September 2024.

Finalis terpilih akan menjalani karantina di Jakarta pada 21-27 Oktober 2024.

Proses pemilihan PPBN 2024 dapat disaksikan secara livestreaming di kanal Youtube Official Putra Putri Batik Nusantara. (mcr31/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler