4 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Libur Iduladha, Ada soal Bayar Tagihan

Jumat, 14 Juni 2024 – 07:28 WIB
Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan lokasi wisata untuk mengisi masa libur Iduladha 1445 H. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com - BANJARBARU – Tentunya, tidak sedikit warga masyarakat yang hendak pergi meninggalkan rumah saat libur Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Diketahui, 18 Juni 2024 merupakan cuti bersama berkaitan dengan Iduladha 1445 H, sehingga masa liburan relatif panjang jika dihitung sejak Sabtu (15/6).

BACA JUGA: Sambut Libur Iduladha dan Liburan Sekolah, KAI Divre III Palembang Sediakan 75.968 Tempat Duduk

PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) memberikan kiat tips aman bagi masyarakat yang hendak meninggalkan rumah saat liburan kali ini.

"Kami mengingatkan pentingnya mengamankan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain di rumah sebelum bepergian dalam kurun waktu yang cukup lama menjelang dan sesudah Iduladha," ujar General Manager PT PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Kamis (13/6).

BACA JUGA: Pemerintah Tetapkan Hari Raya Iduladha 17 Juni, Semoga Serentak

Meski pun hari libur Iduladha tidak sepanjang hari libur bersama pada perayaan Idulfitri lalu, tetapi kemungkinan masyarakat banyak meninggalkan rumah untuk merayakan momentum Idul Adha.

Joharifin mengatakan, guna memastikan waktu berkumpul bersama keluarga dapat berjalan tanpa hambatan terhadap jaringan listrik, beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah melalui tips aman.

BACA JUGA: PPPK juga Menerima Gaji Khusus, Cair Menjelang Iduladha

"Penting sekali selalu perhatian terhadap keamanan di lingkungan rumah sebelum bepergian terutama pengamanan peralatan kelistrikan dan fasilitas lain sebelum bepergian dalam kurun waktu cukup lama," ucap Joharifin.

Joharifin menyebutkan beberapa tips yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Rapikan rumah sebelum bepergian karena akan sangat membantu saat kembali ke rumah.

Selain membuat lebih nyaman, juga dapat menghindarkan rumah dari binatang seperti tikus, semut, maupun nyamuk.

2. Matikan fasilitas listrik yang tidak digunakan, mencabut steker peralatan listrik yang tidak dipakai, seperti alat masak nasi (rice cooker), dispenser, mesin pompa air dan peralatan listrik lain.

"Selain itu hindari penumpukan steker pada satu titik karena berpotensi menyebabkan korsleting hingga terjadi kebakaran," ungkap Joharifin.

3. Menyalakan lampu penerangan untuk menjamin peningkatan keamanan cukup pada beberapa titik lampu penerangan di rumah agar tidak terlihat gelap pada malam hari.

4. Bayar tagihan listrik dan isi token listrik tepat waktu menghindarkan pelanggan dari pemutusan.

Selain itu penting juga memeriksa isi token listrik yang tersisa, jika akan habis segera melakukan pembelian agar listrik di rumah tidak mati.

"Pelanggan dapat menggunakan Aplikasi PLN Mobile untuk transaksi dan beberapa tips yang disampaikan merupakan perhatian PLN terhadap kenyamanan seluruh masyarakat.”

“Harapan kita semua bisa merayakan Hari Raya Iduladha 2024 dengan penuh hikmat dan keberkahan," tutur Joharifin. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler