4 Tokoh Bicara soal Jabatan Irjen Ferdy Sambo, Ada yang Sebut Saksi Kunci

Sabtu, 16 Juli 2022 – 17:02 WIB
Rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang menjadi TKP baku tembak Brigadir J dengan Bharada E. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kasus Brigadir J yang tewas ditembak Bharada E di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjadi sorotan publik belakangan ini.

Buntut dari insiden baku tembak yang terjadi pada Jumat (8/7) itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didesak sejumlah kalangan untuk segera menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo.

BACA JUGA: Kabar Terbaru dari Jenderal asal Madiun terkait Baku Tembak di Rumah Ferdy Sambo

Berikut daftar pihak-pihak yang mendesak agar Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan.

1. Alasan IPW Desak Kapolri Menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mengatakan Kapolri harus segera menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo.

BACA JUGA: Kesaksian Jafar soal Kejadian di Pos Satpam, 20 Meter dari Rumah Ferdy Sambo, Hmmm

Adapun alasan penonaktifan itu karena Irjen Ferdy Sambo, menurut Sugeng, merupakan saksi kunci peristiwa yang menewaskan ajudannya tersebut.

"Untuk itu hal yang dilakukan adalah menonaktifkan lebih dahulu Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo," kata Sugeng, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Apa Makna Tangisan Ferdy Sambo di Pelukan Kapolda Metro Jaya? Oh, Simak Ulasan Ini

2. Urgensi Ferdy Sambo Dinonaktifkan menurut Pengamat Kepolisian

Pengamat kepolisian Bambang Rukminto mengatakan asumsi-asumsi negatif dari masyarakat terkait kasus tersebut bakal bermunculan jika Irjen Ferdy Sambo menjabat sebagai Kadiv Propam.

Oleh sebab itu, lanjut Bambang, Kapolri harus segera menonaktifkan Irjen Sambo sebagai Kadiv Propam Polri.

"Kapolri harus segera mengambil langkah yang tegas dan jelas terkait hal ini dengan menonaktifkan Irjen Sambo sebagai Kadiv Propam," kata Bambang kepada wartawan, Selasa (12/7).

3. Trimedya Panjaitan Sebut Irjen Ferdy Sambo Terseret

Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan pun turut mendesak Kapolri untuk menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo.

Trimedya mengatakan peristiwa polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J itu bakal menyeret nama jenderal bintang dua tersebut.

"Saya dari beberapa hari yang lalu sudah mengusulkan hal itu (penonaktifan Irjen Ferdy Sambo)," kata Trimedya kepada wartawan, Jumat (15/7).

4. Mahfud MD Punya Pendapat Senada soal jabatan Ferdy Sambo

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membenarkan bahwa banyak pihak yang mendesak agar Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan.

Mahfud MD pun mempersilakan Kapolri untuk menpertimbangkan usulan publik terkait penonaktifan Irjen Ferdy Sambo demi kelancaran penyelidikan kasus tersebut. (cr1/jpnn)



Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler