40 Perusahaan Buka 300 Lowongan Pekerjaan di Palembang

Senin, 24 Juni 2024 – 17:00 WIB
Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa membuka Job Fair di Golden Sriwijaya Palembang, Senin (24/6). Foto: Diskominfo Palembang.

jpnn.com - PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar job fair di Golden Sriwijaya Palembang, Senin (24/6).

Pada job fair tersebut, setidaknya ada 40 perusahaan yang membuka 300 lowongan pekerjaan.

BACA JUGA: Lowongan Pekerjaan BUMN, Kali Ini BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa menerangkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Kota Palembang sejatinya terus mengalami penurunan setiap tahunnya.

Hal ini merupakan hasil kerja keras semua pihak di Palembang.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Sumsel Buka Lowongan PPPK 2024 Bagi Sukarelawan Damkar

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemkot Palembang dalam rangka menurunkan angka pengangguran di Kota Palembang, antara lain:

  • Pelatihan kerja (teknik las, listrik, otomotif, menjahit, dan desain grafis) target 144 orang
  • Magang kerja ke Jepang dengan target sebanyak 1.000 orang

Job Fair pada hari ini dengan target lowongan pekerjaan sendiri mencapai 5.000 lowongan pekerjaan dengan 10.000 target pencari kerja.

BACA JUGA: Buat Warga Jambi, Ada 1.000 Lowongan Kerja, Nih

"Kami berusaha menurunkan angka pengangguran di Kota Palembang," ujar Dewa.

"Saya sangat mengapresiasi Dinas Ketenagakerjaan bersama tim, dalam upaya menurunkan angka pekerjaan. Selain itu juga hubungan bilateral dengan negara-negara lain juga memberikan kesempatan bekerja di luar negeri seperti ke Jepang, Australia, dan Korea," imbuhnya.

Kolaborasi bersama dinas serta OPD terkait juga menyediakan unit pelayanan seperti menyediakan pembuatan KTP dan KK untuk mempermudah proses para pencari kerja.

"Jadi, mereka tidak perlu lagi mendatangi OPD terkait dalam kepengurusan berkas mereka. Tadi bersama Kadin Disnaker mengelilingi stan ada beberapa bank seperti BNI dan perusahaan lain menerima banyak lowongan pekerjaan. Ini sangat menjanjikan sekali," kata Dewa.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rediyan Deddy Umrien menambahkan, pada 2024 pelamar pekerjaan sebanyak 3.450. Namun, seluruh SDM itu akan dinilai oleh perusahan sesuai kriteria.

"Dalam hal ini juga kami terus berupaya meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kota Palembang dengan mengikuti berbagai macam pelatihan yang disediakan oleh Disnaker Kota Palembang sebagai bekal mereka," ujar Rediyan.

"Mengenai tenaga kerja yang magang ke Jepang terus bertambah grafiknya."

"Untuk para pencari kerja yang sudah diterima pada 2023, mencapai angka 50 persen sudah bekerja," imbuh Rediyan. (mcr35/jpnn) 


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler