445 Jemaah Haji Terbang Pagi Ini

Selasa, 09 Agustus 2016 – 10:12 WIB
CJH Kloter pertama Surabaya. Foto: Jawa Pos/JPG

SURABAYA - Calon jemaah haji (CJH) kloter pertama embarkasi Surabaya terbang hari ini. Pesawat yang mengangkut 445 orang itu berada di Bandara Internasional Juanda sejak kemarin (8/8). Pemberangkatan pukul 10.30 dengan nomor penerbangan SV 5205.

Pesawat milik Saudi Arabian Airlines berjenis Boeing 747-400 ER itu mampu menampung lebih dari 434 penumpang. Pesawat itu mendarat di Bandara Internasional Juanda dengan membawa 84 kru. Mereka terdiri atas mekanik mesin, tenaga kebersihan, serta pilot cadangan. Selama sebulan lebih, kru tersebut bertugas di Surabaya. Mereka menjadi tim kontrol saat pesawat mendarat ataupun hendak berangkat.

Mereka tidak menggunakan jasa mekanik yang disediakan PT Angkasa Pura I Juanda. Pesawat putih yang bertulisan Saudia itu menempati apron sisi timur. Tepatnya berdekatan dengan gedung VIP Bandara Internasional Juanda.

Bisa jadi, tujuannya mendekatkan pesawat dengan jamaah yang masuk dari pintu VIP. Pelepasan dilaksanakan pukul 09.00. Seremonial pelepasan dilakukan di dalam pesawat atau beberapa saat sebelum CJH terbang ke Tanah Suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur Mahfud Shodar mengatakan, persiapan pemberangkatan sudah tuntas. Prosesnya tetap sama. Ada pelepasan di Asrama Haji Sukolilo dan dilanjutkan di bandara.

BACA JUGA: Optimistis 2019 Bebas Banjir

"Petugas di lapangan sudah siap dengan tugas masing-masing," ucapnya.

Ada 11 bus yang disiapkan untuk mengangkut jamaah dari asrama ke bandara. Bus itu sudah steril sehingga bisa masuk ke apron pesawat. Sebelumnya muncul permasalahan terkait perbaikan landasan pacu. Sejak 18 Juli, jam operasional Bandara Juanda hanya berlangsung mulai pukul 05.00 hingga pukul 22.00. Padahal, pemberangkatan CJH sering dilaksanakan dini hari.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Yuwono memastikan masalah tersebut tidak menjadi hambatan. Penataan jadwal sudah dilakukan. Nanti perbaikan menyesuaikan jadwal pemberangkatan haji.

"Saat pemberangkatan, pengerjaan dihentikan sementara," katanya. (riq/tau/c6/dos/flo/jpnn)

BACA JUGA: Adul Bisa Gasak Motor Hanya Dalam 10 Detik

 

BACA JUGA: PARAH! Oknum Polisi Terjerat Kasus Narkoba, Ini Buktinya

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dor! Polisi Tertembak Pistol Rekannya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler