5 Alasan Mengapa Penglihatan Anda Buram

Jumat, 13 Juli 2018 – 21:37 WIB
Penglihatan mata buram. Foto: xblue4373

jpnn.com - Penglihatan mata kabur bukan kondisi medis melainkan gejala dari masalah yang mendasarinya.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur seperti karena gangguan mata kering.

BACA JUGA: Muhammad Ade Wonder Irawan, Pianis Tunanetra Spesialis Jazz

Namun, ada juga beberapa penyakit mata yang jauh lebih serius, seperti glaukoma, mata kering, silindris, miopia, katarak atau degenerasi makula.

Beberapa obat, termasuk kontrasepsi oral, kortison, obat jantung dan obat tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur.

Penglihatan kabur sendiri sering mengacu pada kurangnya ketajaman penglihatan yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk melihat suatu benda secara detail.

Berikut ini beberapa alasan mengapa penglihatan Anda kabur, seperti dilansir laman MSN.

1. Butuh kacamata baru

Jika Anda memakai kacamata atau lensa kontak, ini mungkin bukan pertama kalinya penglihatan Anda kabur.

Orang-orang cenderung membutuhkan resep yang lebih kuat dari waktu ke waktu karena mata manusia berubah seiring bertambahnya usia.

Sebagai contoh, bentuk lensa mata Anda mulai bergeser seiring bertambahnya usia yang akhirnya membuat Anda lebih sulit untuk fokus pada objek dekat dengan cara yang mungkin Anda perhatikan pada awal hingga pertengahan 40-an, menurut American Optometric Asosiasi (AOA).

Karena kebutuhan mata setiap orang berbeda, sebaiknya Anda berbicara dengan dokter mata Anda tentang seberapa sering Anda harus memeriksakan mata Anda jika Anda telah menggunakan kacamata atau kontak.

2. Astigmatisme

Astigmatisme adalah kondisi mata yang bisa menyebabkan penglihatan kurang optimal.

Ini terjadi ketika kornea (penutup depan mata Anda yang jernih) atau lensa di dalam mata Anda berbentuk tidak beraturan.

Sama seperti menggunakan resep yang kuno, ini membuat cahaya tidak terfokus dengan baik pada retina Anda, sehingga Anda akan berakhir dengan penglihatan kabur.

Mungkin saja ada sedikit astigmatisme yang tidak memengaruhi visi Anda, tetapi jika Anda memerlukan perawatan, dokter mata Anda bisa membantu Anda mengetahui kacamata atau kontak mana yang terbaik. Operasi laser seperti LASIK juga bisa menjadi pilihan.

3. Mata kering

Mata kering adalah kondisi yang terjadi ketika mata Anda tidak bisa melumasi diri dengan baik.

Ini biasanya bermuara pada salah satu dari dua penyebab, per National Eye Institute, yakni jumlah atau kualitas air mata di mata Anda berkurang, sehingga mata Anda kering.

Mata kering bisa membuat mata Anda menjadi gatal serta penglihatan buram.

Jika penglihatan Anda tidak sebaik yang Anda bisa dan Anda memiliki beberapa gejala mata kering, kunjungi dokter mata Anda. Anda.

4. Mata merah 

Juga dikenal sebagai konjungtivitis, kondisi mata ini terjadi ketika peradangan atau infeksi mengiritasi konjungtiva Anda (selaput lendir yang menutupi bagian depan mata dan melapisi bagian dalam kelopak mata).

Mata merah muda bisa menyebabkan berbagai gejala tidak nyaman seperti perasaan tajam di mata Anda, kemerahan, rasa terbakar, gatal-gatal, kepekaan terhadap cahaya dan — Anda bisa menebaknya — pandangan kabur.

5. Anda memiliki keratitis, peradangan kornea karena infeksi atau cedera

Keratitis terjadi ketika salah satu kornea mata meradang, apakah Anda menggaruk, memakai lensak kontak terlalu lama, memiliki virus seperti herpes atau karena sesuatu yang lain telah membahayakan kesehatan mata Anda.

Di antara gejala lainnya, keratitis bisa menyebabkan rasa sakit, kemerahan, keluar cairan, kepekaan terhadap cahaya dan penglihatan buram.

Sangat penting untuk mengobati secepatnya, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan penglihatan permanen.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler