5 Berita Terpopuler: Ada Sinyal Baik untuk Honorer, Ada 1 Juta Formasi CPNS dan PPPK, Masuk Akal?

Sabtu, 04 Maret 2023 – 06:26 WIB
Rakornas HUT ke-73 Satpol PP dan ke-61Satlinmas di Ballroom Hotel Claro, Makassar, Kamis (2/3). Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Jumat (3/3) tentang ada sinyal baik untuk 90 ribu honorer Satpol PP, pemerintah menyiapkan 1 juta formasi CPNS dan PPPK yang menggiurkan, hingga pengumuman PPPK terus ditunda masuk akal?

Simak selengkapnya! Jangan lupa ya, tetap pakai masker saat bepergian, rutin mencuci tangan dan menjaga jarak karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Info BKN bikin P1-P4 Bisa Tidur Nyenyak, Tenaga Teknis Administrasi Bagaimana? Semoga Cerah

1. Disiapkan 1 Juta Formasi CPNS dan PPPK, Menggiurkan Honorer

Pemerintah memastikan pada 2024 akan menggelar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Pengumuman PPPK Guru Segera Terbit, Aksi Unjuk Rasa Batal, 3 Lembaga Negara Sudah Sepakat?

Bahkan, formasi yang disediakan untuk seleksi CPNS dan PPPK 2024 sebanyak 1 juta, yang diprioritaskan untuk tenaga bidang pendidikan dan kesehatan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas berharap pemerintah daerah dapat mengajukan formasi PPPK untuk tenaga honorer di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi prioritas.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Pengumuman PPPK Guru 2022 Makin Tak Jelas, Dampaknya Fatal, Mendikbudristek Dituntut Mundur?

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Disiapkan 1 Juta Formasi CPNS dan PPPK, Menggiurkan Honorer

2. Sinyal Baik untuk 90 Ribu Honorer Satpol PP yang Ogah jadi PPPK, Wouw

Sejumlah tenaga honorer Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Jakarta, Kamis (2/3).

Rencananya, pada hari ini, Jumat (3/3), massa honorer Satpol PP akan menggelar aksi demo di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketum Forum Komunikasi Bantuan Polisi Pamong Praja Nusantara (FKBPPPN) Fadlun Abdilah mengatakan aksi unjuk rasa damai besar-besaran ini menjadi penentu perjuangan mereka agar bisa diangkat menjadi PNS.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Sinyal Baik untuk 90 Ribu Honorer Satpol PP yang Ogah jadi PPPK, Wouw

3. Guru Lulus PG Masih Belum Yakin Pengumuman PPPK 10 Maret, Alasannya Masuk Akal

Jadwal pengumuman PPPK 2022 yang digadang-gadang paling lambat 10 Maret belum bisa membuat guru honorer tenang. Mereka masih khawatir jadwal tersebut akan meleset lagi.

Menurut Ketua forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Kebumen Musbihin, sudah cerita lama jadwal untuk PPPK guru selalu berubah-ubah. Guru lulus PG pun sudah terbiasa dengan jadwal yang mundur-mundur terus.

"Apa benar jadwalnya tidak berubah lagi. Kami kok ya, ragu," kata Musbihin kepada JPNN.com, Jumat (3/3).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Guru Lulus PG Masih Belum Yakin Pengumuman PPPK 10 Maret, Alasannya Masuk Akal

4. Ini yang Dimaksud Solusi Jalan Tengah Penghapusan Honorer, Oh Sungguh Bijak

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas kembali menjelaskan mengenai kebijakan penghapusan tenaga honorer.

Diketahui, rencana penghapusan honorer mengacu Surat Edaran Menpan RB Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

SE tertanggal 31 Mei 2022 tersebut menjelaskan bahwa ketentuan UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menyebutkan ASN terdiri dari dua jenis, yakni PNS dan PPPK.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Ini yang Dimaksud Solusi Jalan Tengah Penghapusan Honorer, Oh Sungguh Bijak

5. Honorer Satpol PP Berani Menekan Pejabat KemenPAN-RB Teken Surat Ini, PNS Harga Mati!

Dua hari berturut-turut ribuan honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta.

Hari pertama, Kamis, 2 Maret 2023, massa honorer Satpol PP kecewa berat karena tidak ditemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Ketua Forum Komunikasi Bantuan Polisi Pamong Praja Nusantara (FKBPPPN) Fadlun Abdillah mengungkapkan betapa kecewanya para honorer Satpol PP yang sudah menunggu MenPAN-RB Azwar Anas untuk berdiskusi.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Honorer Satpol PP Berani Menekan Pejabat KemenPAN-RB Teken Surat Ini, PNS Harga Mati!

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Seluruh Honorer Bakal Jadi PPPK, Guru Lulus PG Bisa Tersenyum deh, Program Siapa?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler