5 Berita Terpopuler: Malam Tahun Baru Hujan di Sejumlah Wilayah, Ada Gempa Melanda, Parah

Senin, 01 Januari 2024 – 07:09 WIB
Titik lokasi gempa bumi dangkal yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Minggu (31/12/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Minggu (31/12/2023) tentang prakiraan cuaca malam tahun 2023 hujan lebat di sejumlah daerah, sumedang dilanda gempa, hingga masalah serius soal honorer dinilai parah. Simak selengkapnya!

1. Gempa Sumedang, Begini Analisis BMKG

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Muncul Masalah Baru, Ada yang Mengundurkan Diri dan Batal Lulus PPPK 2023

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu, pukul 14:35. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa dangkal ditengarai akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) guncang Sumedang 4,1 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer dipicu aktivitas sesar aktif (info sementara)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan di Jakarta.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Ribuan PPPK Bahagia, tetapi Banyak Honorer Teknis Administrasi Miris, KemenPAN-RB Disorot

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Gempa Sumedang, Begini Analisis BMKG

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Pemerintah Tak Konsisten soal PPPK, Banyak Honorer K2 Teknis Gagal yang Bodong Pasti Galau

2. Masalah Serius Seleksi PPPK 2023, Kapan Pengangkatan Honorer Tuntas? Asli Parah

Program pengangkatan jutaan honorer jadi PPPK yang harus kelar akhir Desember 2024 menghadapi masalah serius.

Sejumlah masalah yang muncul pada seleksi PPPK 2023 memperlihatkan ada persoalan di tingkat regulasi dan pendataan honorer yang kacau.

Di level regulasi, muncul protes soal afirmasi yang dijanjikan pemerintah jika honorer melamar di instansi tempatnya mengabdi selama ini.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Masalah Serius Seleksi PPPK 2023, Kapan Pengangkatan Honorer Tuntas? Asli Parah

3. Honorer Teknis 16 Tahun Kerja Dikalahkan Non-ASN Baru, Instansi Lain Pula, Eli Meratap

Pengumuman kelulusan PPPK teknis 2023 terus dipersoalkan honorer. Cukup hanyak honorer teknis yang sudah lama mengabdi, tetapi tidak lolos karena formasinya minim.

Makin menyakitkan lagi karena mereka dikalahkan oleh tenaga non-ASN dari instansi lain dengan masa pengabdian di bawah pengabdian honorer induk.

"Saya kecewa sekali dengan pengumuman kelulusan PPPK teknis 2023. Terjadi ketidakadilan yang membuat kami honorer induk tergeser," kata Eli Nani, honorer di Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan (Sumsel) kepada JPNN.com, Minggu (31/12).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Honorer Teknis 16 Tahun Kerja Dikalahkan Non-ASN Baru, Instansi Lain Pula, Eli Meratap

4. Prakiraan Cuaca Hari Ini, Malam Tahun Baru 2024 Hujan di Sejumlah Kota Besar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca hari ini 31 Desember 2023, bertepatan dengan perayaan malam tahun baru 2024.

BMKG melaporkan mayoritas kota besar di wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Terpantau ada sirkulasi siklonik di wilayah pesisir Kalimantan Barat yang dapat mengakibatkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di sekitar wilayah tersebut," kata prakirawan BMKG Yuni Maharani dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Minggu (31/12).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Prakiraan Cuaca Hari Ini, Malam Tahun Baru 2024 Hujan di Sejumlah Kota Besar

5. Inilah 23 Tokoh Terpegah, Tervokal, dan Paling Berpengaruh di Indonesia Sepanjang 2023, Jokowi Nomor Satu

Indonesia Indicator (i2), perusahaan intelijen media yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) merilis hasil riset tahunan bertajuk “Indonesia Recap 2023”.

Riset tersebut berhasil mengidentifikasi isu-isu terbesar yang paling disoroti masyarakat serta figur publik yang paling banyak mendapat atensi di media massa online dan media sosial selama 2023.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pemberitaan media online dan perbincangan netizen di lima platform media sosial (Twitter/X, Facebook, Instagram, Tiktok, YouTube), sepanjang 1 Januari-26 Desember 2023, Indonesia Indicator mencatat terdapat 27.087.392 pemberitaan dari 12.948 media online di tanah air.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Inilah 23 Tokoh Terpegah, Tervokal, dan Paling Berpengaruh di Indonesia Sepanjang 2023, Jokowi Nomor Satu

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Kabar Gembira untuk Guru P1, tetapi Honorer yang Lulus PPPK 2023 Rugi Besar, kok Bisa?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler