5 Berita Terpopuler: Mas Nadiem Bertindak, Dirjen Nunuk Merespons, Ratusan Guru Honorer Segera Dilantik Jadi ASN

Selasa, 09 Mei 2023 – 06:25 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim menyiapkan 3 jurus untuk seleksi PPPK guru 2023. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Senin (8/5) tentang Mas Nadiem mengeluarkan jurus untuk usulan formasi PPPK Guru 2023, Dirjen Nunuk merespons terkait P1 batal penempatan PPPK guru 2022, hingga ratusan guru honorer segera dilantik jadi ASN PPPK setelah mendapatkan NIP.

Simak selengkapnya! Jangan lupa ya, tetap pakai masker saat bepergian, rutin mencuci tangan dan menjaga jarak karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: BKN Mengambil Langkah, BKD Bergerak Cepat, Guru Lulus PG Optimistis pada PPPK 2023

1. P1 Batal Penempatan PPPK Guru 2022 & Tanpa Formasi Waswas, Dirjen Nunuk Bilang Begini

Guru honorer lulus passing grade (PG) atau prioritas satu (P1), baik tanpa formasi maupun batal penempatan PPPK guru 2022 waswas tidak terakomodasi lagi tahun ini. Mereka tidak sabar menunggu pengumuman formasi PPPK guru 2023.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kejutan dari BKN Bocor, P1 Terancam Gigit Jari, Fakta Mencengangkan PPPK Terungkap

Ada kekhawatiran formasi yang disiapkan tidak sebanding dengan sisa P1 sebanyak 62.465.

"Kira-kira P1 batal penempatan PPPK guru 2022 akan diprioritaskan tahun ini enggak ya," kata Dewi Nurpuspitasari, ketua Forum Guru P1 Batal Penempatan PPPK Guru kepada JPNN.com, Senin (8/5).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: BKN Turun Tangan, Bakal Ada Kejutan di Seleksi PPPK, Honorer Sabar ya!

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

P1 Batal Penempatan PPPK Guru 2022 & Tanpa Formasi Waswas, Dirjen Nunuk Bilang Begini

2. Setelah NIP Disetujui KemenPAN-RB, Ratusan Guru Honorer akan Dilantik sebagai PPPK

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Samsuri mengatakan ratusan guru honorer yang sudah dinyatakan lolos seleksi PPPK akan segera dilantik ketika nomor induk pegawai (NIP) yang diusulkan ke KemenPAN-RB sudah diterima.

Menurutnya, saat ini BKPSDM Kabupaten Situbondo mengatakan pihaknya sudah mengusulkan ke KemenPAN-RB untuk persetujuan NIP PPPK tersebut.

"Kami masih mengusulkan persetujuan nomor induk pegawai dari Kementerian PAN-RB, karena yang diurus pusat secara nasional, maka hasilnya masih belum kami terima," kata Samsuri di Situbondo, Minggu (7/5).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Setelah NIP Disetujui KemenPAN-RB, Ratusan Guru Honorer akan Dilantik sebagai PPPK

3. Usulan Formasi PPPK Guru 2023 Minim, Honorer Jangan Menangis, Mas Nadiem Punya 3 Jurus

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Prof Nunuk Suryani pernah menyebutkan, total kebutuhan PPPK Guru 2023 sebanyak 601.286.

Angka itu merupakan akumulasi sisa kebutuhan formasi PPPK guru 2022 sebanyak 531.524 dan kebutuhan mengganti guru ASN yang pensiun tahun 2024 sebanyak 69.762.

Sejak awal Dirjen Nunuk sudah mewanti-wanti dan berharap pemda yang memiliki guru honorer mau mengusulkan kuota PPPK Guru 2023 di angka maksimal untuk memenuhi formasi tersebut.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Usulan Formasi PPPK Guru 2023 Minim, Honorer Jangan Menangis, Mas Nadiem Punya 3 Jurus

4. Diduga Bermain Kasus Narkoba, Jaksa Wanita Ditangkap di Bandara SSK II

Tim Pengamanan (PAM) Sumber Daya Organisasi (SDO) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menangkap seorang jaksa perempuan berinisial SH pada Kamis (4/5) lalu pukul 19.05 WIB.

Jaksa yang bekerja di Kejaksaan Negeri Bengkalis itu ditangkap di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru karena diduga memainkan perkara narkoba.

“Awalnya pada Rabu malam ada laporan masuk kepada kami bahwa ada seseorang yang melakukan perbuatan tercela yang berkaitan dengan perkara narkotika,” kata Asintel Kejati Riau Marcos Marudut Mangapul Simare Mare saat dikonfirmasi, Senin (8/5).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Diduga Bermain Kasus Narkoba, Jaksa Wanita Ditangkap di Bandara SSK II

5. Begini Detik-detik Sebelum Wabup Alor Imran Duru Meninggal Dunia Saat Berada di Jakarta

Sekretaris Daerah (Sekda) Alor Sony O Alelang mengungkapkan detik-detik kondisi Wakil Bupati Imran Duru sebelum meninggal dunia pada Minggu (7/5).

Sony mengatakan Imran Duru berada di Jakarta sejak Kamis (4/5) terkait undangan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wabup Imran Duru diundang untuk menghadiri peluncuran dan dialektika Buku Etika Pemerintahan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Begini Detik-detik Sebelum Wabup Alor Imran Duru Meninggal Dunia Saat Berada di Jakarta

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Aturan PPPK Direvisi, Honorer Nakes Resmi Dikontrak 5 Tahun, K2 Teknis Protes


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler